GridFame.id- Sejak Minggu (19/9/2021) sore, layanan internet Telkomsel mengalami gangguan.
Sejumlah pengguna operator mengeluhkan penurunan kualitas jaringan di sejumlah wilayah.
Gangguan layanan internet berpelat merah ini masih berlanjut hingga Senin (20/9/2021).
Saking ramainya diberbincangkan warganet, ulasan gangguan ini sempat nangkring dalam trending topic di media sosial Twitter.
Hingga kini layanan sudah berangsur pulih meski sebagian warganet masih mengeluhkan jaringan Wifi Indihome yang lemot.
Indihome juga secara resmi telah menyampaikan mengenai gangguan yang terjadi pada sejumlah akun media sosialnya, termasuk Twitter.
Melalui akun Twitter @.indihomecare mereka menyampaikan sedang melakukan perbaikan agar layanan dapat beroperasi normal.
“Pelanggan Yth. Seubungan dengan adanya gangguan pada jaringan Kami, saat ini Kami tengah melakukan perbaikan agar layanan IndiHome bisa beroperasi dengan normal kembali,” tulis akun tersebut pada salah satu unggahannya, dikutip Selasa (21/9/2021).
Pihak Telkomsel pun membernarkan adanya gangguan ini. Hal tersebut dijelaskan oleh Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin.
Dirinya mengatakan wilayah yang terdampak gangguan adalah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natunam Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.
“Saat ini kami besama TelkomGroup sedang berusaha menemukan penyebab gangguan,” tulis @.Telkomsel dalam Instastory-nya.
Sedangkan untuk layanan telepon dan SMS masih dapat diakses dengan normal.
“Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel. Kami akan segera menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala,” lanjut Denny dikutip melalui Kompas.com (21/9/2022).
Baca Juga: Isi Dompet Dijamin Aman Bulan Ini! Ini Daftar Penerima Token Gratis Listrik PLN September 2021
Bermasalah sejak 19 September 2021 sore
SPV Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza menjelaskan gangguan terjadi sejak pukul 17.33 WIB.
Ahmad mengatakan ada gangguan pada sistem komunikasi kabel Jawa, Sumatera, dan Kalimantan ruas Batam-Pontianak.
Hal tersebut yang menyebebkan penurunan kualitas layanan Telkom Group, baik fixed broadband Maupun mobile broadband (Telkomsel) di beberapa wilayah Indonesia.
"Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal. Kami masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan," sebagaimana diberitakan KompasTekno.
Sejalan dengan Denny, dirinya juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelanggan Telkomsel.
"Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan TelkomGroup dapat kembali normal," tutup Ahmad.
***