Find Us On Social Media :

Jangan Sampai Menyesal! Penderita Diabetes Bisa Alami Kadar Gula Rendah saat Tidur Lelap, Catat Gejala Ini Karena Akibatnya Mengancam Nyawa Jika Dibiarkan

Ilsutrasi cek kadar gula darah.

GridFame.id - Penderita diabetes tolong catat dan simak ini baik-baik.

Hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula darah tubuh (glukosa) rendah berada di bawah batas normal, yaitu kurang dari 70 mg/dL.

Penderita diabetes melitus memang lebih rentan mengalami kondisi ini karena pengobatan tertentu untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Hipoglikemia bisa dialami penderita diabetes bahkan saat tengah tertidur lelap.

Jangan dianggap sepele, jika hal ini terjadi akibatnya bisa sangat fatal.

Simak gejala kadar gula rendah saat tidur sebelum menyesal.

Baca Juga: Astaga Se-Indonesia Wajib Tahu! Sering Lakukan Kebiasaan Ini di Pagi Hari, Padahal Sepele tapi Teryata Dapat Meningkatkan Risiko Terkena Diabetes

Kadar gula rendah atau hipoglikemia merupakan kondisi darurat yang perlu diwaspadai penyandang diabetes. Pasalnya kadar gula darah rendah pada penyandang diabetes yang tidak dicegah dan ditangani dengan baik dapat berakibat fatal, bahkan tak jarang menyebabkan kematian. Menurut penjelasan di laman Mayo Clinic (13/3/2020), seseorang dikatakan hipoglikemia ketika kadar gula darahnya saat berpuasa 70 miligram per desiliter (mg/dL), atau 3,9 milimol per liter (mmol/L). Untuk diketahui, hipoglikemia sering terjadi pada mereka yang didiagnosis sebagai penyandang diabetes dan sedang menjalani pengobatan. Terkait kondisi ini, tahukah bahwa penyandang diabetes juga ternyata dapat mengalami kadar gula darah rendah saat mereka tidur. Hal itu seperti diungkap pada artikel "Low Blood Glucose (Hypoglycemia)" yang dilansir dari laman National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (7/2021). Bahaya Kadar Gula Darah Rendah Saat Tidur Dijelaskan bahwa kadar gula rendah dapat terjadi saat tidur dan bisa tetap rendah selama beberapa jam, hingga menyebabkan masalah serius. Meski penyandang diabetes mungkin tidak akan bangun atau melihat gejala yang spesifik jika mengalami kadar gula darah saat tidur.

Baca Juga: Penyandang Diabetes Wajib Tahu! Pantas Berat Badan dan Kadar Gula Darah Tak Terkontrol, Ternyata Sederet Kesalahan Diet Rendah Karbohidrat Ini Masih Kerap Dilakukan, Apa Saja?

Bahayanya kadar gula darah saat tidur rendah bisa memicu:

- Menangis atau mengalami mimpi buruk - Berkeringat banyak dan cukup untuk membuat piyama atau seprai jadi lembab - Merasa lelah, mudah tersinggung, atau bingung setelah bangun tidur Kondis ini juga dapat memengaruhi kualitas hidup, suasana hati, dan kemampuan penyandang diabetes untuk bekerja. Selain itu, penyandang diabetes juga dapat cenderung tidak memperhatikan dan merespons gejala hipoglikemia di siang hari jika mengalami kadar gula rendah saat tidur. Bahayanya kondisi itu bisa memicu ketidaksadaran hipoglikemia, yakni suatu kondisi dimana penyandang diabetes tidak merasakan gejala gula darah rendah sampai kadar gula darah mereka benar-benar turun sangat rendah Meski hipoglikemia ringan hingga sedang dapat dengan mudah diobati. Namun jika kadar gula darah rendah tidak disadari dan terjadi berulang tanpa pengobatan dapat menyebabkan komplikasi serius, termasuk pingsan, koma, hingga kematian. Karenanya penting bagi penyandang diabetes yang berisiko selalu melakukan pengecekan gula darah secara rutin.

Baca Juga: Satu Indonesia Dibuat Tercengang! Biasa Digunakan Untuk Menurunkan Darah Tinggi, Ternyata Seledri Mampu Atasi Penyakit Mematikan Salah Satunya Diabetes

Artikel Ini Telah Tayang Sebelumnya di GridHealth.id dengan Judul "Penyandang Diabetes Bisa Alami Kadar Gula Rendah Saat Tidur, Ini Gejalanya"