Find Us On Social Media :

Nyesel Selama Ini Salah! Katanya Sehat Ternyata Minum Jus Buah dan 3 Minuman Ini Picu Kolesterol Tinggi

Minuman yang sebabkan kolesterol

GridFame.id - Kolesterol adalah salah satu senyawa lemak lunak, berwarna kuning, dan seperti lilin yang diproduksi oleh tubuh, terutama organ hati. Setiap harinya, hati dapat menghasilkan sekitar 800 miligram kolesterol.

Kolesterol pada kadar yang normal justru berguna untuk kesehatan. Kolesterol merupakan salah satu bentuk lemak penting yang diperlukan tubuh. Sel-sel tubuh memerlukan kolesterol untuk tumbuh dan berkembang. Kolesterol baru menimbulkan masalah jika kadarnya dalam darah berlebihan. Kadar kolesterol tinggi bukan hanya disebabkan oleh faktor makanan. Ada beberapa hal lain yang dapat memengaruhinya.

Yuk simak daftar penyebab kolesterol tinggi yang tak banyak diduga.

Baca Juga: Bisa Hemat Obat Ratusan Ribu, Cukup Konsumsi Tahu Putih yang Diolah dengan Cara Ini, Kolesterol Dijamin Turun Drastis

Faktanya kolesterol merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kolesterol yang seimbang diketahui berfungsi dalam membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Namun ketikaa kadar kolesterol tinggi, inilah yang bisa menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan tubuh. Ada banyak masalah kesehatan yang bisa dipicu oleh kadar kolesterol tinggi misalnya penyakit kronis seperti terkena penyakit jantung hingga stroke. Untungnya, kolesterol tinggi bisa dicegah dengan melakukan pola hidup sehat, sepeti olahraga rutin dan mengontrol kebiasaan minum. Nah berikut ini, ada lima minuman yang sebaiknya dihindari untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. 1. Alkohol Jika sudah berisiko memiliki kolesterol tinggi, ada baiknya pertimbangkan konsumsi alkohol. "Alkohol meningkatkan kadar kolesterol karena kemampuannya merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak zat ini," kata ahli diet terdaftar Ronald Smith. 2. Jus buah dengan gula tambahan Jus buah asli memang sehat, apalagi yang mengandung antioksidan seperti jus delima. Namun, mengonsumsi terlalu banyak minuman buah yang mengandung gula tambahan dalam jumlah ekstra, dapat membahayakan.

Baca Juga: Turunkan Kolesterol Tak Perlu Lagi Biaya Mahal, Ternyata Rahasianya Cuma Satu Sayuran Ini, Dijamin Hasilnya Bikin Syok Para Dokter!

Bahaya terutama berpotensi terjadi pada mereka yang berisiko lebih tinggi mengalami peningkatan kadar kolesterol. "Minuman buah (bukan jus buah) dapat mengandung gula tambahan tingkat tinggi, yang meningkatkan kadar trigliserida sehingga meningkatkan kadar kolesterol LDL," kata Smith. Lalu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, mengungkap temuan senada. Disebutkan, mereka yang mengonsumsi sekitar 12 ons soda sehari umumnya memiliki kadar kolesterol HDL-C (dikenal sebagai kolesterol baik) yang lebih rendah dan kadar trigliserida yang lebih tinggi. Kondisi demikian dapat sangat membahayakan tubuh, terutama kesehatan jantung. 4. Milkshake Jika hobi mengonsumsi milkshake, sebiaiknya perhatikan berapa banyak yang kamu konsumsi. Pasalnya, minuman ini dapat berdampak negatif pada kadar kolesterol tubuh. Dalam laporan yang diterbitkan di Laboratory Investigation, lemak jenuh dalam milkshake dapat meningkatkan kadar kolesterol "jahat" dan menurunkan kolesterol "baik" dalam tubuh. Penelitian ini juga membuktikan bahwa satu kali konsumsi tinggi lemak jenuh dapat berdampak pada kadar kolesterol. Milkshake memiliki lemak jenuh yang tinggi akibat es krim di dalamnya. Jadi, sebaiknya kurangi konsumsinya.

Baca Juga: Tak Perlu Rogoh Kocek untuk Beli Obat Mahal, Satu Bahan Dapur Ini Ternyata Ampuh Hilangkan Kolesterol di Leher yang Kerap Ganggu Aktivitas

Artikel Ini Telah Tayang Sebelumnya di GridHealth.id dengan Judul "Hati-hati JIka Sering Konsumsi 4 Minuman Ini, Kolesterol Bisa Tinggi"