Find Us On Social Media :

Dokter sampai Ikut Takjub! Cuma Rajin Makan Buncis Tiap Hari, Efek Menakjubkan Ini Terjadi pada Penderita Kolesterol Tinggi

Ilustrasi buncis

GridFame.id - Buncis merupakan sayuran yang sudah banyak orang tahu.

Buncis terkenal sebagai makanan sumber serat, folat, mangan, dan vitamin C yang baik untuk tubuh.

Buncis juga kaya akan mineral, terutama mangan. Kandungan mineral lain yang ada dalam buncis adalah kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc. Buncis biasa dimasak dengan cara ditumis atau menjadi campuran berbagai sup. Selain dibuat sayur, kita juga bisa dapatkan manfaat buncis cuma dengan cara direbus. Bukan cuma enak dan murah, manfaat buncis juga gak main-main untuk tubuh, loh.

Terutama bagi penderita kolesterol tinggi.

Bagaimana caranya?

Simak kandungan dan khasiat menakjubkan buncis di sini.

Baca Juga: Penderita Diabetes Bersorak Girang! Faktanya Rutin Makan Buncis Rebus Tiap Hari Bisa Kontrol Gula Darah Sampai Segini, Plus Bebas Kanker Lagi!

  Manfaat Buncis Untuk Kolesterol Buncis jadi salah satu sayuran paling populer di Amerika Serikat. Buncis bisa diolah berbagai cara diantaranya ditumis, direbus, atau bisa dimakan mentah. Meski sederhana, buncis kaya akan nutrisi yang penting untuk tubuh. Melansir Eat This, buncis kaya akan vitamin C hingga zat besi yang bisa memberikan beragam manfaat kesehatan untuk tubuh. Salah satu manfaat mengonsumsi buncis adalah bisa mengurangi kolesterol tinggi. Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan penumpukan lemak di arteri. Bila tak segera diatasi penumpukan lemak ini bisa menyebabkan berkurangnya suplai darah ke jantung dan otak. Akibatnya, pemilik kolesterol tinggi bisa berisiko terkena serangan jantung dan penyakit stroke. Buncis bisa membantu menurunkan kolesterol dalam darah dikarenakan kaya akan serat larut dan tidak larut. Serat larut dapat menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk kolesterol jahat 'LDL'. Faktanya, mengonsumsi 2-10 gram serat larut per hari bisa menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL.

Baca Juga: Penderita Kolesterol Bahagia! Gak Perlu Takut Lagi Makan Nasi Padang, Begini Tipsnya Agar Tetap Sehat Selain menurunkan kolesterol jahat, berikut beberapa keuntungan mengonsumsi buncis: 1. Meningkatkan kesehatan pencernaan Keuntungan lain yang bisa rasakan langsung dengan rutin makan buncis adalah memiliki pencernaan yang lancar. Serat yang cukup pada buncis bisa menjaga buang air besar teratur dan lancar. Mengonsumsi satu cangkir buncis setara dengan 2,7 gram serat. Porsi secangkir buncis sehari sudah cukup memperlancar buang air besar juga mengatasi masalah sembelit. 2.Meningkatkan kekebalan tubuh Kandungan vitamin C yang kaya pada buncis bisa berperan sebagai sumber antioksidan. Antioksidan efektif menangkal radikal bebas, oleh karenanya, tubuh bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya dan terhindar dari berbagai macam penyakit. 3. Menurunkan risiko kanker tertentu Rutin makan buncis diyakini bisa menurunkan risiko kanker tertentu. Sebab, dalam buncis terkandung antioksidan jenis Kaempferol. Antioksidan Kaempferol terbukti memiliki efek seperti menghambat pertumbuhan sel kanker serta mencegah perkembangan kanker. 4. Menurunkan tekanan darah Buncis juga mengandung antioksidan unik yang disebut quercetin. Antioksidan ini tak hanya menangkal radikal bebas, namun juga membantu menurunkan tekanan darah secara alami.

Baca Juga: Padahal Selama Ini Dikira Hanya Jajanan Biasa, Nyatanya Konsumsi Popcorn Dapat Menurunkan Kolesterol, Kok Bisa?

  5. Susu Kacang untuk Kolesterol Susu kacang bisa menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang memiliki alergi dan tidak menyukai susu sapi loh selain itu, susu kacang juga bisa kamu konsumsi sehari-hari. Sebagian orang mungkin tidak merasa asing dengan manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi susu kacang , salah satu contohnya adalah ibu hamil dan menyusui. Susu kacang adalah salah satu jenis minuman yang kaya akan nutrisi dan tentunya dapat dikonsumsi sehari-hari. Tidak hanya itu, susu kacang memiliki sumber karbohidrat, gula serat, protein, dan lemak yang baik bagi tubuh serta kaya akan vitamin dan mineral. Nah, salah satu manfaat pertama yang didapatkan dari mengonsumsi susu kacang adalah dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat yang terkandung di dalam susu kacang mampu menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam darah tersebut. Selain itu, protein yang terbuat dari adanya asam amino mempunyai keuntungan untuk mencegah berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, asam amino yang terkandung dalam susu kacang dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Poin penting yang dapat dijadikan solusi terbaik adalah dengan mengontrol asupan makanan yang rendah akan kolesterol sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga: Dijamin Tetap Aman! Penderita Kolesterol Tak Perlu Takut Makan Santan dan Jeroan, Cukup Lakukan Hal Sederhana Ini Usai Menyantapnya!

Artikel Ini Telah Tayang Sebelumnya di Sajian Sedap dengan Judul "Mulai Hari ini Penderita Kolesterol Coba Makan Buncis Rebus Tiap Hari, Dijamin Dalam Seminggu Efeknya Bikin Dokter Saja Sampai Kaget"