Find Us On Social Media :

Niat Cegah Covid-19, Teteskan Minyak Kayu Putih ke Masker Bisa Datangkan Malapetaka

Ilustrasi pemakaian masker ditetesi kayu putih

GridFame.id - Minyak kayu putih digunakan untuk menghangatkan tubuh dan membuatnya lebih nyaman serta rileks. Namun, lebih dari itu, minyak kayu putih memiliki khasiat-khasiat lain untuk kesehatan yang mungkin jarang diketahui. Dilansir dari Healthline, minyak kayu putih dapat mengobati batuk.

Anda bisa mengoleskannya di tenggorokan, atau menggosoknya di dada. Bukan itu saja, minyak kayu putih juga menjadi salah satu cara untuk menghindari gigitan serangga. Terutama saat berada di luar rumah, adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih.

Beberapa orang juga menggunakan minyak kayu putih sebagai pencegah Covid-19.

Caranya dengan meneteskannya di masker yang dipakai.

Namun tak disangka, kebiasaan ini bisa datangkan malapetaka untuk tubuh, loh!

Baca Juga: Jangan Langsung Dibuang, Dijamin Hemat Budget! N95 hingga KN95 Bisa Digunakan Berulang, Begini Cara Agar Masker Bisa Dipakai Lagi

Penggunaan masker menjadi satu dari sekian protokol kesehatan yang saat ini efektif meminimalisir penyebaran virus corona (Covid-19). Dijelaskan di laman hopkinsmedicine.org (28/7/2020), saat ini banyak orang yang terinfeksi Covid-19 tidak menunjukkan gejala tetapi masih dapat menyebarkan virus corona melalui tetesan yang keluar dari mulut saat berbicara, bersin, dan batuk. Para ilmuwan menjelaskan bahwa masker wajah berguna untuk meminimalisir paparan virus ke diri kita atau dari kita ke oranglain. Karenanya gunakan masker medis dengan baik dan benar. Jangan gunakan masker medis dengan cara yang tidak dianjurkan, semisal mengoleskan kayu putih atau disinfekstan pada masker medis. Sebab tindakan tersebut justru akan membahayakan penggunanya. Dilansir dari Warta Kota (17/7/2021), kebiasaan mengoleskan minyak kayu putih atau disinfekstan kemasker medis sering dilakukan sebagian masyarakat agar lebih baik lagi dalam mencegah Covid-19. Namun rupanya kebiasaan tersebut merupakan tindakan yang salah besar. Hal itu seperti dijelaskan oleh Ketua PMI Sumatera Utara, Rahmat Shah lewat video singkat yang menerangkan bahayanya pakai minyak kayu putih di kain masker.

Baca Juga: CDC Sebut Masker N95-KN95 Dapat Digunakan Berulang Ini Caranya "Ini hal sepele tapi berbahaya bagi yang memakainya," tutur Rahmat. Minyak kayu putih memang punya manfaaat yang sangat baik, namun harusnya dipakai langsung ke hidung bukan di kain masker. Mengapa demikian? Karena bisa langsung tuang minyak kayu putih atau disinfektan ke permukaan masker maka masker yang kualitasnya bagus akan langsung bocor. Hal itu diperagakan Rahmat, dengan menuangkan minyak kayu putih di masker. Lalu dituangkan lagi dengan air biasa. Ternyata masker itu jadi bocor. Sementara itu masker yang tidak diberi kayu putih, langsung dituangkan air putih ternyata tidak bocor. Begitu juga dengan menyemprotkan disinfektan pada masker ternyata bernasib sama dengan minyak kayu putih itu. Kesimpulannya bahwa jangan pernah semprotkan cairan apapun ke permukaan masker, karena akan membuat masker tak bisa lagi menghalau virus corona atau virus lain dari luar.

Baca Juga: Selama Ini Salah Kaprah! Bukannya Aman Malah Bikin Penyakitan, Ternyata Begini Cara Mencuci Masker Kain Agar Tak jadi Sarang Virus

Artikel Ini Telah Tayang Sebelumnya di GridHealth.id dengan Judul "Jangan Lagi Mengoleskan Minyak Kayu Putih pada Masker Medis, Berbahaya"