Find Us On Social Media :

Jangan Tunggu Dilarikan ke Rumah Sakit! Hindari Deretan Makanan Ini Agar Kondisi Penderita Asma Tak Makin Parah

Makanan yang memperparah sesak napas akibat asma.

GridFame.id - Apakah Anda memiliki keluarga dengan riwayat penyakit asma?

Penyakit ini merupakan salah satu kondisi yang kerap kambuh di saat tertentu.

Gejala awal asma perlu diketahui untuk mencegah penyakit ini berkembang menjadi lebih parah. Asma merupakan penyakit kronik saluran pernapasan yang ditandai oleh hiperaktivitas bronkus

Yakni kepekaan saluran pernapasan terhadap berbagai rangsangan.

Asma diketahui dapat menyerang segala umur, namun, penyakit ini lebih banyak mengenai anak-anak dan orang dewasa muda. Pada anak-anak, asma dapat menjadi masalah serius karena berbagai gejalanya bisa mengancam jiwa. Sementara, pada orang dewasa, asma dapat mengganggu segala akvitas, seperti pekerjaan, hubungan sosial, termasuk olahraga. Parahnya, penyakit asma ini tidak bisa disembuhkan, tetapi dapat dikontrol sedemikian rupa sehingga penderitanya dapat hidup seperti orang normal.

Baca Juga: Si Bulat Pedas Sejuta Manfaat! Ini Khasiat Lada Sebagai Obat Alami Sembuhkan Asma Sampai Asam Urat dan Cara Olahnya Lengkap

Pernahkah memakan atau meminum sesuatu yang menyebabkan tubuh gatal-gatal, mual, atau diare? Reaksi seperti ini disebut sebagai reaksi merugikan akibat makanan yang berasal dari intoleransi makanan atau alergi. Intoleransi makanan dan alergi sering dianggap sama, padahal kedua istilah itu berbeda. Demikian dijelaskan spesialis alergi dan imunologi klinis, Ahila Subramanian. "Kedua istilah ini (intoleransi makanan dan alergi) sering keliru digunakan bergantian," cetus dia. "Penting untuk mengetahui perbedaan kedua kondisi karena pendekatan diagnosis dan pengobatannya sangat berbeda." Alergi makanan Alergi makanan didefinisikan sebagai reaksi berlebihan oleh sistem kekebalan tubuh terhadap protein dalam makanan yang biasanya aman atau tidak berbahaya. Reaksi berlebihan ini disebabkan oleh Immunoglobulin E (IgE), antibodi yang dapat memicu reaksi alergi di hidung, tenggorokan, paru-paru, kulit, atau sistem peredaran darah.

Baca Juga: Jangan Dibabat Habis Dulu! Rasakan Sendiri Khasiat Tanaman Puteri Malu jadi Obat Alami Diabetes Sampai Asma

Intoleransi makanan Intoleransi makanan merupakan respons abnormal terhadap makanan yang tertelan. Beberapa kasus intoleransi makanan yaitu keracunan makanan, kesulitan mencerna makanan tertentu dan reaksi terhadap bahan kimia dalam makanan atau minuman --seperti kafein. Makanan pemicu asma Makanan bukanlah pemicu penyakit asma yang umum. Namun, alergi makanan tertentu dapat memperburuk asma. Gejala alergi makanan yang biasa ditemui mencakup gatal-gatal, ruam, mual, muntah, dan diare. Makanan yang cenderung memicu gejala alergi adalah, telur, susu sapi, kacang kacangan, kacang pohon (kacang mete, almond, hazelnut, walnut, dll) lalu, kedelai, gandum, ikan, dan juga kerang. Makanan yang memperparah kondisi asma Beberapa kandungan pada makanan seperti natrium bisulfit, kalium bisulfit, natrium metabisulfit, kalium metabisulfit dan natrium sulfit dapat memperparah kondisi asma.

Baca Juga: Bisa Tumbuh Dimana Saja! Ini Manfaat Daun Cocor Bebek Sebagai Obat Alami Sembuhkan Bisul Sampai Asma

Kandungan tersebut dapat ditemukan dalam makanan seperti, buah-buahan atau sayuran kering, kentang, serta anggur dan bir.

Juga, jeruk nipis atau jus lemon kemasan, udang, serta akanan yang diawetkan. Apabila menyadari makanan tertentu bisa memperburuk asma, hubungi dokter untuk menentukan apakah kita memiliki alergi terhadap makanan atau tidak. "Penting untuk digarisbawahi, tes kulit dan sebagian besar tes darah tidak berguna dalam diagnosis intoleransi makanan," catat Subramanian. "Dokter yang ahli di bidang alergi dan imunologi dapat menentukan apakah suatu reaksi konsisten dengan alergi makanan atau intoleransi makanan dengan meninjau riwayat kesehatan kita." "Berdasarkan hal ini, mereka dapat menyarankan langkah selanjutnya yang sesuai." Jika ditemukan makanan yang memicu reaksi asma, maka hindari makanan tersebut. Juga, jangan lupa membaca kandungan bahan-bahan makanan pada kemasan. Ketika memesan makanan dari restoran, pastikan hidangan itu tidak mengandung bahan-bahan yang menyebabkan alergi.

Baca Juga: Dijamin Ampuh! Tak Perlu Buru-buru Telan Obat Mahal, Nyatanya Tempe Bisa jadi Alternatif Obat Alami untuk Atasi Asma dalam Hitungan Menit

Artikel Ini Telah Tayang Sebelumnya di Kompas.com dengan Judul "Kenali, Jenis Makanan yang Bisa Memperparah Penyakit Asma"