Find Us On Social Media :

Nyesel Baru Tahu! Sering Alami Sakit Punggung Hingga Kuku Rapuh Ternyata jadi Pertanda Penyakit Serius Ini Menyerang Tulang

Gejala osteoporosis.

GridFame.id - Tolong ingatkan saudara, teman dan keluarga untuk waspada mulai dari sekarang.

Osteoporosis adalah penyakit pengeroposan tulang yang ditandai rendahnya massa tulang.

Osteoporosis juga dikenal dengan penyakit hilangnya jaringan tulang. Penyakit ini membuat tulang penderitanya menjadi rapuh dan mudah patah saat terjatuh atau mengalami benturan kecil. Dikutip dari Kompas.com yang melansir dari National Osteoporosis Foundation, penyakit osteoporosis cukup banyak diderita, terutama kalangan lansia. Penelitian membuktikan, sekitar satu dari dua wanita, dan satu dari empat pria berusia di atas 50 tahun berisiko mengalami patah tulang karena osteoporosis. Menurut Kementerian Kesehatan, data dari International Osteoporosis Foundation (IOF) menunjukkan, sebanyak satu dari empat wanita berusia 50-80 tahun di Indonesia berisiko terkena penyakit degeneratif ini.

Sayangnya tak semua orang menyadari gejala yang kerap muncul pada penderita osteoporosis.

Simak di sini gejala apa saja yang ternyata jadi pertanda seseorang menderita osteoporosis.

Baca Juga: Bahaya Batuk Seperti Gonggongan Anjing pada Anak Bisa Jadi Tanda Gejala Omicron

Osteoporosis merupakan masalah kesehatan yang sering dikaitkan dengan penuaan. Melansir Mayo Clinic, Senin (14/03/2022), osteoporosis menyebabkan kondisi tulang jadi lemah dan sangat rapuh. Saking rapuhnya, bahkan saat mendapat tekanan ringan seperti ketika membungkuk atau batuk, tulang bisa patah. Pengeroposan akibat osteoporosis paling sering terjadi di bagian pinggul, pergelangan tangan, atau tulang belakang. Wajib tahu, tulang adalah jaringan hidup yang terus-menerus dipecah dan mengalami pergantian. 0steoporosis biasanya terjadi saat pembentukan tulang baru tidak mengikuti hilangnya tulang yang lama. Diperkirakan, sekitar 200 juta orang di dunia mengalami osteoporosis. Baik pria maupun wanita sebenarnya dapat terkena osteoporosis. Namun, wanita memiliki kemungkinan empat kali lebih besar mengalaminya, dibanding pria. Dilansir dari Cleveland Clinic, Senin (14/03/2022), 1 dari 2 wanita dan 1 dari 4 pria mengalami patah tulang akibat osteoporosis saat berusia di atas 50 tahun.

Baca Juga: Jangan Tunggu Kondisi Kritis! Segera Sadari Batuk Tak Kunjung Sembuh jadi Gejala Penyakit Mematikan Ini

Tercatat terjadi sekitar dua juga kasus patah tulang akibat osteoporosis setiap tahunnya dan jumlahnya terus bertambah. Sehingga sangat penting untuk mewaspadai gejala osteoporosis, sehingga bisa dengan segera ditangani. 1. Gusi menyusut Osteoporosis tidak hanya mempengaruhi tulang di tangan ataupun pinggul saja, tetapi juga bagian mulut. Menurut National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases, osteoporosis dapat menyebabkan pengeroposan tulang di rahang. Padahal tulang di rahang mempunyai peran untuk menopang gigi. Jika kepadatannya berkurang, akibatnya gusi menyusut dan terjadi kehilangan gigi. 2. Genggaman tangan lemah Terdapat sebuah penelitian yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information, yang melibatkan wanita pasca menopause. Hasilnya menunjukkan kalau terjadi penurunan terhadap kepadatan mineral tulang, sehingga mereka lemah dalam mengenggam.

Baca Juga: Tolong Hati-hati Sebelum Nyawa Melayang! Sakit Kepala sampai Mimisan jadi Gejala Penyakit 'Pembunuh' di Dunia Ini

3. Kuku rapuh Kuku dan tulang terdiri dari ikatan disulfida yang menyebabkan protein saling menempel satu sama lain, dilansir dari Medanta, Senin (14/03/2022). Jika kuku jadi lebih rapuh, mudah terkelupas, atau patah, itu bisa menjadi salah satu tanda adanya gangguan pada tulang akibat kurangnya kalsium. 4. Tinggi badan berkurang Pengeroposan tulang akibat osteoporosis yang terjadi di tulang belakang, dapat menyebabkan tubuh jadi lebih pendek. Ini merupakan salah satu gejala osteoporosis yang paling mudah terlihat, baik oleh diri sendiri ataupun orang lain. 5. Sakit punggung atau leher Osteoporosis menyebabkan kompresi tulang belakang patah dan ini akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, karena saraf yang keluar dari sumsum tulang belakang bisa terjepit. Nyeri biasanya dirasakan di punggung atau leher, dengan skala ringan hingga berat dan melemahkan.

Baca Juga: Terungkap Berikut Gejala Long Covid-19 yang Paling Dikeluhkan Pasien yang Telah Sembuh

Artikel Ini Telah Tayang Sebelumnya di GridHealth.id dengan Judul "Waspada 5 Gejala Umum Osteoporosis, Salah Satunya Sakit Punggung"