Find Us On Social Media :

Pantas AC di Rumah Jadi Kurang Dingin, Ternyata Kebiasaan Sepele Ini Jadi Penyebabnya! No 2 Dilakukan Hampir 90% Orang Indonesia

Ilustrasi AC (Air conditioner)

GridFame.id - Tak bisa dipungkiri, dunia memang jadi makin panas dari hari ke hari.

Makanya, penggunaan AC sudah jadi hal yang wajib dimana-mana.

Sayangnya, AC jadi barang elektronik yang susah susah gampang dirawat.

Kalau sembarangan, AC bahkan bisa cepat rusak dan tak dingin lagi.

Karena itu, Anda harus tahu kebiasaan sepele yang bikin AC jadi tak dingin lagi.

Anda melakukannya ?

Penyebab AC Cepat RusakAir Conditioner (AC) merupakan alat elektronik pendingin ruangan yang banyak digunakan orang.Ketika udara di luar sedang panas-panasnya, Anda bisa merasakan kesejukan di dalam ruangan dengan menggunakan AC.

Baca Juga: Suka Bingung Lihat Istri Buang Minuman Soda dalam Toilet, Setelah 30 Menit, Jadi Betah Sampai Tidak Mau Keluar Kamar Mandi

Seperti peralatan elektronik lainnya, AC perlu dirawat.Bila tidak dirawat dengan baik, AC cepat rusak dan membuat tagihan listrik membengkak.AC yang tak terawat bisa membuatnya mengeluarkan udara yang tidak dingin bahkan terkontaminasi mikroorganisme berbahaya.Berikut beberapa kebiasaan yang membuat AC tidak dingin, melansir dari Kompas.com:1. Tidak rutin membersihkan filterFilter pada AC wajib dibersihkan secara rutin.Setidaknya filter AC dibersihkan setiap tiga bulan sekali.Bila tak rutin dibersihkan, maka filter akan kotor dan menyebabkan aliran udara buruk atau pembekuan koil evaporator AC.Dampak tak rajin membersihkan filter AC tak main-main.

Baca Juga: Biaya Obat Mahal, Pria ini Coba Makan Kencur Mentah-mentah Setiap Hari, Penyakit Menahunnya Gak Berani Balik Lagi!

Selain AC jadi tak dingin, AC jadi lebih cepat rusak.AC yang tak dibersihkan filternya juga bisa membuat tagihan listrik membengkak antara 5 sampai 15 persen.2. Tidak rutin servis ACSeperti peralatan elektronik lainnya, AC juga perlu diservis setidaknya setahun sekali.Ini supaya menjaga komponen mesin AC selalu dalam keadaan terawat.Bila tidak rutin servis AC, maka AC bisa cepat rusak sehingga tidak mampu menghembuskan udara dingin.3. Tidak menggunakan kipasMeski sudah menggunakan AC, Anda juga perlu menggunakan kipas.Kipas gantung bisa mengedarkan sirkulasi udara dingin ke seluruh ruangan.

Baca Juga: Para Ibu Wajib Tahu, Noda Kerak di Wastafel Bisa Rontok SENDIRI Cuma dengan Modal Cangkang Telur, Coba Sekarang!

Meski tampak sederhana, kipas bisa meringankan beban kerja AC.Ketika udara di luar panas, atur kipas gantung supaya berputar berlawanan arah jarum jam.Ini bisa meningkatkan aliran udara.4. Tidak menutup tiraiKebiasaan tidak menutup tirai bisa membuat kerja AC lebih berat.Memang membuka tirai bisa membuat sinar matahari masuk, namun ini justru membuat AC lebih bekerja keras.Cahaya matahari yang masuk juga membawa panas, sehingga AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan.