Find Us On Social Media :

Kenapa Kartu Kredit Tak Bisa Dipakai Bayar Tagihan Cicilan Shopee? Ini 3 Penyebab Utama dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kartu Kredit tidak bisa digunakan untuk bayar cicilan Shopee

GridFame.id - Mau tahu cara bayar tagihan cicilan Shopee pakai kartu kredit?

Pastikan pengguna sudah menambahkan kartu kredit sebagai metode pembayaran di akun Shopee Anda. Untuk membayar pesanan, pengguna dapat memilih Metode Pembayaran > pilih Cicilan Kartu Kredit > pilih Rencana Cicilan > pilih Konfirmasi. Pengguna dapat menggunakan opsi pembayaran Cicilan Kartu Kredit saat melakukan checkout produk dari beberapa Penjual. Namun, pengguna juga harus memeriksa ulang dan melakukan pembayaran produk secara terpisah.  Metode pembayaran cicilan ini akan mengikuti Syarat & Ketentuan yang telah ditetapkan oleh Shopee serta penyedia bank/kartu. Diantaranya, maksimal transaksi untuk pembayaran dengan cicilan kartu kredit adalah Rp40.000.000, berlaku untuk semua kartu kredit. Maksimal transaksi untuk pembayaran dengan kartu debit adalah Rp10.000.000 dan permohonan transaksi konversi cicilan kartu kredit tergantung pada ketersediaan pagu kredit permanen kartu kredit pada saat konversi terjadi. Periode program cicilan 0% dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Pembayaran dengan cicilan kartu kredit dapat dilakukan untuk checkout dari beberapa toko sekaligus dan tidak berlaku untuk kategori Voucher. Pembayaran cicilan kartu kredit Anda akan disetujui selama transaksi Anda berhasil, namun, diperlukan proses konversi dari bank penerbit kartu kredit Anda yang kurang lebih membutuhkan waktu 7-14 hari kerja.

Baca Juga: Gampang Banget! Begini Cara Aktifkan ShopeePay Tanpa KTP

Mengapa kartu kredit tidak bisa digunakan untuk pembayaran cicilan?

Ada beberapa penyebab kartu kredit tak bisa digunakan untuk membayar tagihan cicilan Shopee.

1. Batas checkout Anda hanya bisa melakukan 1x checkout dengan cicilan untuk pembelian di toko yang berbeda. 2. Batas kredit terlampaui Biaya (pesanan bulanan angsuran) Anda melebihi (batas kartu kredit bulanan).

Hubungi bank/penyedia kartu Anda untuk peningkatan batas kredit atau pilih opsi cicilan lain. 3. Kartu kredit tidak terdaftar atas nama Anda Tambahkan kartu kredit yang terdaftar atas nama Anda. Shopee menerima semua kartu kredit dan debit online, namun apabila terdapat kartu yang tidak dapat digunakan, hal tersebut tergantung pada kebijakan masing-masing bank.

Maka dari itu, Anda dapat melakukan konfirmasi lebih lanjut kepada bank penerbit terkait. Kartu kredit yang bisa digunakan untuk cicilan pembayaran Shopee antara lain: BCA, BRI, BNI, BTN, KB Bukopin, CIMB Niaga, Citibank, Danamon, DBS (Digibank), HSBC, Mandiri, Mayapada, Maybank, MEGA, MNC, OCBC NISP, Pakin, Permata, Sinarmas, Standart Chartered, UOB, dan Jenius BTPN.

Baca Juga: Sederet Manfaat Dana Cepat di Shopee Untuk Penjual, Mulai Dari Memudahkan Menambah Stok Hingga Mempercepat Pelepasan Uang Penjualan Jika Anda tidak mengalami satu pun kendala di atas, namun tidak dapat melakukan pembayaran cicilan, silakan hubungi bank/penyedia kartu Anda untuk melakukan klarifikasi Apabila kartu Anda diterbitkan oleh bank dalam negeri dan memiliki logo Visa/Mastercard/JCB/American Express (tergantung kebijakan masing-masing bank), maka Anda dapat menggunakan kartu tersebut untuk melakukan transaksi di Shopee.

Jika Anda menggunakan kartu kredit yang diterbitkan di luar negeri, kartu tersebut dapat digunakan untuk melakukan transaksi di Shopee namun hanya untuk metode Bayar Penuh saja.

Ada pun untuk negara penerbitnya masih terbatas pada 9 (sembilan) negara yaitu Filipina, Taiwan, India, Korea Selatan, Hong Kong, Uni Emirat Arab, dan Singapura. Anda dapat menggunakan opsi pembayaran lain untuk memeriksa pesanan Anda apabila Anda tidak memiliki kartu kredit/debit yang valid. Untuk melakukan transaksi, kartu kredit/debit biasanya akan langsung aktif dengan sendirinya atau sesuai dengan kebijakan bank penerbit.

Apabila kartu kredit/debit Anda tidak aktif/tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi, hubungi bank penerbit kartu kredit/debit atau datang ke kantor cabang terdekat.

Baca Juga: Dijamin Berhasil! Begini Cara Bayar Tagihan Shopee Pinjam Sebelum Jatuh Tempo Paling Mudah