Find Us On Social Media :

Kenapa Tokopedia Tidak Bisa Pakai Gratis Ongkir? Simak Penjelasannya

Kenapa Tokopedia tidak bisa pakai gratis ongkir

GridFame.id - Siapa yang suka pakai fitur gratis ongkir saat belanja di e-commerce, salah satunya Tokopedia?

Fitur gratis ongkir banyak dicari orang karena bisa menghemat pengeluaran.

Apalagi jika mereka tinggal di kota yang cukup jauh dari seller di e-commerce.

Namun banyak yang kemudian mengeluhkan kenapa Tokopedia tidak bisa pakai gratis ongkir?

Sebelumnya Tokopedia juga banyak dikeluhkan soal tidak bisa memakai dua voucher berbarengan.

Dilansir dari laman resminya, Tokopedia sendiri sudah memiliki ketentuan soal si gratis ongkir ini.

Berikut adalah ketentuannya:

  1. Fitur Bebas Ongkir hanya dapat digunakan untuk pengiriman same day/ reguler dengan menggunakan kurir Mitra.
  2. Penjual atau Pembeli yang menggunakan fitur Bebas Ongkir tidak akan dibebankan biaya pengiriman atas barang yang dibeli melalui Situs/Aplikasi Tokopedia.
  3. Fitur Bebas Ongkir tersedia pada Reguler Merchant, Power Merchant, Power Merchant Pro dan/atau Official Store yang memiliki logo Bebas Ongkir.
  4. Fitur Bebas Ongkir hanya dapat digunakan pada Aplikasi Tokopedia versi terbaru.
  5. Fitur Bebas Ongkir tidak dapat digabungkan dengan promo lainnya yang terdapat pada Situs/Aplikasi, kecuali promo-promo yang diberikan oleh Penjual atau partner Tokopedia.
  6. Fitur Bebas Ongkir yang diberikan tidak termasuk biaya-biaya tambahan dari pihak logistik atau penjual seperti packing kayu, asuransi, dan sebagainya.
  7. Fitur Bebas Ongkir hanya dapat berlaku pada wilayah cakupan sesuai dengan ketentuan masing-masing Mitra yang dapat dilihat oleh Penjual di halaman pengaturan pengiriman, sedangkan untuk Pembeli dapat dilihat pada halaman checkout setelah memasukkan alamat pengiriman. Jika wilayah pengiriman merupakan cakupan Mitra, maka Fitur Bebas Ongkir dapat digunakan secara real time. 
  8. Fitur Bebas Ongkir tidak berlaku atau hangus, apabila Pengguna melakukan pengiriman atau perubahan pada Kurir Logistik yang bukan termasuk dalam Mitra, transaksi masuk ke pusat resolusi dan/atau terdapat pengembalian barang sebagian dan/atau seluruhnya kepada Penjual.
  9. Biaya Layanan Bebas Ongkir akan mulai dikenakan pada tanggal 2 Januari 2023 kepada Penjual Reguler Merchant,  Power Merchant, dan Power Merchant Pro adalah sebesar 4% (empat persen) atau maksimal Rp 10.000 per kuantitas Produk yang berhasil terjual atau dengan nilai maksimal senilai Biaya Bebas Ongkir yang didapatkan oleh Pembeli. Mulai tanggal 1 Maret 2023, biaya Layanan Bebas Ongkir akan dikenakan kepada Penjual Official Store sebesar 4% (empat persen) atau maksimal Rp10.000 per kuantitas Produk yang berhasil terjual atau dengan nilai maksimal senilai Biaya Bebas Ongkir yang didapatkan oleh Pembeli. 

Tapi jika ketentuan di atas sudah sesuai semua dengan pembelian Anda, maka Anda bisa langsung menghubungi call center Tokopedia.

Bisa dengan melakukan chat dengan customer service, atau mengirimkan e-mail ke care@tokopedia.com.

Semoga membantu!

Baca Juga: Simak Cara Bayar BAF di ATM BCA Atau Lewat Tokopedia dengan Mudah