Find Us On Social Media :

Pantas Ditunjuk Jadi Bos Baru GoJek! Ini Dia Fakta Unik Catherine Hindra Sutjahyo, Ternyata yang Bikin Fitur Ini Ada di HP Kita Sekarang!

GridFame.id - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) menunjuk Catherine Hindra Sutjahyo sebagai Presiden unit bisnis On-Demand Services GoTo, mencakup layanan transportasi, pesan antar makanan (online food delivery), dan logistik Gojek.

Sosoknya ternyata sudah punya banyak andil dalam Gojek selama ini.

Beberapa program, baik untuk mitra driver maupun konsumen datang dari tangan dinginnya.

Berikut adalah beberapa fakta unik tentang Catherine Hindra Sutjahyo yang menarik untuk dibahas:

Punya Program Sejahterakan Driver Gojek

Ketika sebelumnya menjabat Head of Food and Indonesia Sales & Ops Gojek, Catherine dikenal sukses mendorong pengembangan Swadaya, yakni program untuk peningkatan taraf hidup mitra driver dan keluarga yang  memang menjadi salah satu perhatian besar Catherine.

Program Swadaya ini dirancang untuk meringankan beban operasional mitra driver melalui pengadaan pulsa murah, diskon perawatan kendaraan, subsidi belanja harian, dan paket makan murah. 

Program Swadaya juga melindungi mitra driver melalui berbagai asuransi tambahan untuk mereka dan keluarga, serta menyediakan akses untuk mengelola keuangan dan merencanakan masa depan melalui tabungan, pinjaman, dan cicilan KPR terjangkau.

Sejak diluncurkan pada 2016, jutaan mitra Gojek dan keluarga telah merasakan manfaat langsung dari Program Swadaya.

Jadi Sosok di Balik Kesuksesan GoFood

Catherine bergabung dengan Gojek di tahun 2017 dan mengepalai platform pesan antar makanan GoFood.

Baca Juga: Mending GoPayLater Atau GoPay Pinjam? Simak Perhitungan Bunga dan Limitnya Berikut Ini

Dalam 5 tahun kepemimpinannya, jumlah merchant GoFood bertumbuh 5 kali lipat dari 200.000 menjadi lebih dari 1 juta merchant, yang mendudukkan GoFood sebagai salah satu layanan pesan antar makanan terbesar di Asia Tenggara.

 

Memasuki masa pandemi GoFood juga bereaksi cepat di bawah kepemimpinannya dengan mengajak UMKM makanan yang terdampak kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di tahun 2020-2021 untuk mengalihkan bisnis mereka ke platform layanan pesan antar makanan online.

Di tahun 2022, Catherine juga mendorong berbagai inovasi baru untuk mengantisipasi penurunan daya beli masyarakat karena kondisi makro ekonomi yang menantang.

Salah satunya menghadirkan fitur Mode Hemat.

Mode Hemat di GoFood memberikan opsi yang lebih ekonomis bagi pelanggan dalam bentuk bebas maupun diskon ongkir, dengan tambahan waktu pengiriman hingga 15 menit.

Fitur Mode Hemat ini melengkapi fitur reguler dengan ongkos kirim dan waktu pengantaran yang lebih cepat sehingga pelanggan GoFood dapat memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan. 

Selain itu, di beberapa wilayah layanan Gojek, GoFood juga menghadirkan program Menu Hemat On The Go Meals untuk memberikan opsi yang lebih ekonomis bagi pelanggan.

Program ini menghadirkan pilihan makanan dalam porsi yang lebih personal dengan harga yang ekonomis.

Cara pesannya juga praktis, pelanggan GoFood dapat memilih menu hemat sesuai dengan kebutuhan di setiap pemesanan yang tersedia di banner menu saat menggunakan layanan GoFood.

Atas keberhasilannya menumbuhkan bisnis GoFood di Indonesia di tengah persaingan yang ketat serta situasi pasar yang senantiasa berubah, Catherine diangkat sebagai Direktur GoTo sejak 2021.

Di tahun 2021, ia juga ditugaskan untuk memimpin operasi dan penjualan untuk Gojek di Indonesia sebelum akhirnya menjadi Presiden Gojek di Februari 2023.

Baca Juga: Tak Akan Ditagih Lagi, Begini Cara Hapus GoPay Dari Netflix Sebagai Metode Pembayaran

Sebelum bergabung dengan Gojek, alumnus Nanyang Technological University, Singapura, ini memulai awal karier di perusahaan konsultan top dunia, McKinsey & Company sebagai Business Analyst dan terakhir sebagai Senior Associate.

Dia kemudian menjadi CEO Alfacart serta Managing Director sekaligus Co-Founder Zalora Indonesia.

Dua peritel online ini berkembang pesat di bawah kepemimpinannya dan mengokohkan posisinya sebagai pemimpin yang mumpuni di sektor ritel dan e-commerce.

Namun, di Gojek lah ia menggunakan pengalaman tersebut untuk memberdayakan orang-orang yang ingin berwirausaha serta mengembangkan UMKM. 

“GoTo bukan hanya perusahaan teknologi, tapi sudah menjadi ekosistem yang tidak terpisahkan dari keseharian jutaan orang. Karenanya, bekerja di sini sangat menginspirasi, karena apa yang kami lakukan sehari-hari memberi dampak nyata pada kehidupan banyak orang,” jelas Catherine. 

Dinobatkan sebagai Salah Satu dari Fortune 40 Under 40 Indonesia 

Atas kontribusinya menciptakan peluang ekonomi bagi jutaan mitra Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo dinobatkan sebagai salah satu dari Fortune 40 under 40 Indonesia di bulan Februari 2023, apresiasi yang diberikan bagi tokoh-tokoh muda yang membawa perubahan besar.

CEO GoTo Andre Soelistyo mengatakan bahwa Catherine merupakan sosok pemimpin yang andal dengan pengalaman yang luas.

“Saya bangga GoTo dapat mengangkat pemimpin berkaliber seperti Cath, Melisa, dan Hans untuk mengemban tanggung jawab lebih besar, agar Perseroan melahirkan gagasan baru serta memiliki fokus lebih tajam dalam mengakselerasi langkah GoTo mencapai profitabilitas,” kata Andre dalam keterangan resminya, Rabu (8/2).

Catherine pun berharap dapat terus menjadikan GoTo sebagai andalan masyarakat dalam kesehariannya.

“Ini mimpi yang besar, tapi harapan besar seperti ini lah yang memotivasi saya untuk bekerja dengan giat untuk mencari solusi setiap harinya,” ungkap Catherine.

Baca Juga: Wow Banget! Isi GoPay Hari Ini Bisa Dapat Cashback 2 Kali Kalau Pakai BCA, Begini Caranya!