GridFame.id - Token listrik adalah sebuah sistem pembayaran yang digunakan untuk mengontrol penggunaan listrik rumah tangga.
Umumnya, token ini berupa kode unik yang diberikan kepada pelanggan oleh perusahaan penyedia listrik.
Kode ini kemudian dimasukkan ke dalam meteran listrik untuk mengaktifkan pasokan listrik.
Cara kerja token listrik cukup sederhana.
Pertama, pelanggan membeli token listrik dari agen atau toko yang ditunjuk oleh perusahaan listrik setempat.
Token ini biasanya berupa lembaran kertas atau kartu yang berisi kode unik. Kemudian, kode tersebut dimasukkan ke dalam meteran listrik di rumah pelanggan.
Salah satu kelebihan utama penggunaan token listrik adalah adanya kontrol yang lebih baik terhadap pengeluaran listrik.
Dengan membeli token sebelumnya, pelanggan dapat mengatur berapa banyak listrik yang mereka gunakan, sehingga menghindari tagihan listrik yang tidak terduga.
Sistem token listrik juga memungkinkan untuk lebih efisien dan mudah digunakan.
Namun, bagaimana jika gagal berkali-kali ketika mengisi token listrik?
Dibawah ini merupakan penyebab dan cara untuk mengatasinya.
Baca Juga: Simak Tutorial Cara Beli Token Listrik di BNI Mobile Terbaru 2024
Dilansir dari Kompas.com, ada beberapa faktor yang menyebabkan token listrik gagal dimasukkan ke meteran PLN. Berikut penyebabnya:
Pemohonan dari pelanggan yang belum terselesaikan.
- Contohnya perubahan daya sehingga proses permohonan perlu diselesaikan dulu
- Melakukan kesalahan saat memasukkan token listrik
- Sistem meter prabayar sedang dalam periode pembaruan atau update
- Terjadi kesalahan teknis instalasi dengan dibuktikan keterangan "periksa" pada layar meteran PLN.
Cara mengatasi token listrik gagal masuk ke meteran
1. Lapor melalui aplikasi PLN
- Unduh aplikasi PLN Mobile
- Buka menu "Pengaduan"
- Pilih "Permasalahan kWh meter Pasca Bayar dan Pra Bayar"
- Pilih ID pelanggan yang terdaftar Jika lokasi sudah sesuai, klik "Kirim Pengaduan".
- Petugas PLN akan mendatangi rumah pengguna listrik prabayar setelah mereka menyampaikan laporan.
2. Lapor ke sambungan telepon 123
Langkah lain yang dapat ditempuh oleh pelanggan adalah menghubungi layanan 123 milik PLN.
Petugas akan menghubungi kembali pelanggan apabila laporan telah diproses atau masalah dalam pengembangan petugas teknis.
Baca Juga: Begini Cara Beli Token Listrik di Livin' by Mandiri Terbaru 2024