Find Us On Social Media :

Gagal Mengisi Token Listrik Berkali-kali? Begini Cara Mengatasinya

gagal mengisi token listrik

 

GridFame.id - Token listrik adalah sebuah bentuk pembayaran prabayar untuk penggunaan listrik.

Dalam sistem ini, pengguna membeli token listrik dalam bentuk fisik atau digital dan memasukkannya ke dalam meteran listrik mereka.

Ini berbeda dengan sistem pasca bayar, di mana pengguna membayar tagihan setelah mereka menggunakan listrik.

Setelah membeli token listrik, pengguna memasukkan kode yang tertera pada token ke dalam meteran listrik mereka.

Meteran kemudian akan membaca jumlah kredit yang dimasukkan dan mengaktifkan pasokan listrik ke rumah atau bisnis pengguna sesuai dengan nilai kredit yang dimasukkan.

Salah satu keuntungan utama token listrik adalah memberikan kontrol yang lebih besar kepada pengguna atas pengeluaran listrik mereka.

Mereka dapat mengontrol seberapa banyak listrik yang mereka gunakan dengan memantau sisa kredit pada meteran listrik mereka.

Token listrik juga dianggap lebih aman karena mengurangi risiko penagihan yang tidak terduga atau tagihan berlebih.

Pengguna hanya menggunakan listrik sesuai dengan nilai kredit yang mereka beli, sehingga tidak ada kejutan dalam tagihan akhir.

Namun, bagaimana jika gagal mengisi token listrik berkali-kali?

Berikut ini merupakan cara mengatasi gagal mengisi token listrik.

Baca Juga: Ini Penyebab Token Listrik Boros Padahal Pemakaian Cuma Sedikit

Cara Mengatasi Gagal Mengisi Token Listrik

1. Reset meteran PLN

Jika Anda mengalami token listrik gagal terus padahal sudah benar, usahakan tetap tenang.

Bila beberapa kali gagal, tunggu beberapa saat dan lakukan reset meteran.

Berikut tahapannya:

2. Lapor lewat aplikasi PLN Mobile

Berikut cara melaporkan masalah token listrik gagal terus padahal sudah benar ke PLN secara online:

3. Lapor ke sambungan telepon 123

Langkah lain token listrik gagal terus padahal sudah benar adalah menghubungi layanan 123 milik PLN. 

4. Datang ke kantor PLN

Langkah terakhir yang bisa Anda tempuh yakni dengan mendatangi kantor PLN terdekat.

Kantor PLN biasanya buka setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB.

Baca Juga: Gagal Mengisi Token Listrik Berkali-kali? Begini Cara Mengatasinya