GridFame.id- Apakah benar PT PLN tidak bisa melayani pembelian token listrik waktu tengah malam? Simak penjelasan berikut ini.
Listrik adalah salah satu kebutuhan dasar pada setiap orang. Dengan listrik seseorang dapat melakukan banyak aktivitas yang bermanfaat.
Seperti diketahui, PLN mempunyai 2 jenis layanan listrik yang bisa digunakan masyarakat yakni; layanan prabayar dan pascabayar.
Dari kedua jenis layanan tersebut perbedaan jelasnya terdapat pada sistem pembayaran, di mana pelanggan parabayar diwajibkan membayar di awal.
Bebeda dengan pelanggan pascabayar yang membayar sesuai tagihan pada setiap bulannya.
Setiap layanan pun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satunya yang dialami warganet satu ini.
Dirinya mengungkapkan kendala saat ingin membeli layanan prabayar dari PLN.
Salah satu pelanggan yang mengeluhkan kesulitan membeli token listrik dari salah satu e-wallet.
Postingan tersebut diunggah melalui Twitter pada (5/10/2021). Disebutkan, bahwa ia mengalami kesulitan saat membeli token listrik dini hari.
“listrik udah habis total. Kencang musti ngerjain yang lain. Pls proses dipercepat @pln_123,” tulis akun @. Ohh_lena_lena
Bahkan dirinya sempat melampirkan foto tangkapan layer dari pembayaran token listrik senilai Rp200 ribu melalui pembayaran e-wallet.
Namun, muncul notifikasi bahwa pembayaran token PLN akan diproses setelah pukul 01.00 WIB.
“Token PLN akan diproses setelah jam 01.00 wib, mau lanjut? Layanan PLN offline setiap hari jam 23.00 WIB sampai 01.00 WIB,”
Konfirmasi manajemen PLN
Menanggapi hal itu, Vice President Komunikasi Korporat PLN Gregorius Adi Trianto mengatakan bahwa pembayaran token listrik PLN yang dilakukan oleh warganet tersebut bukan dari aplikasi PLN Mobile.
Dirinya mengimbau kepada masyarakat terutama pelanggan PLN untuk melakukan pembayaran atau pembelian token listrik melalui aplikasi PLN Mobile.
Sepertinya bukan dari PLN Mobile itu. Korelasinya adalah kemungkinan kendala ada di aplikasi yang digunakan, jaringan, atau sebab yang lain," ujar Greg mengutip Kompas (13/10/2021)
Menurut dia, kendala tersebut kemungkinan tidak terjadi pada semua pelanggan PLN.
Pembelian token listrik 24 jam bisa melalui PLN Mobile
Greg mengatakan, jika pelanggan melakukan pembayaran atau pembelian token listrik melalui PLN Mobile, maka bisa dilayani selama 24 jam.
Selain itu, pembelian token listrik pada aplikasi PLN Mobile juga bebas dari biaya administrasi.
"Iya, 24 jam, bebas biaya administrasi pembelian token listrik untuk yang menggunakan pembayaran melalui mandiri virtual account," tuturnya.
***
Source | : | kompas,Twitter |
Penulis | : | Nabilah Hermawati |
Editor | : | Lena Astari |
Komentar