Find Us On Social Media :

Padahal Ahli Katakan Indonesia Bisa Kebal dari Corona, Tapi Semua Sia-sia Karena Hal Ini

Ilustrasi pandemi virus corona.

GridFame.id - Sebuah hasil penelitian terbaru yang diungkapkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menemukan bahwa Indonesia sebenarnya memang memiliki kekuatan untuk melawan virus corona.

Kesimpulan tersebut diperoleh setelah BMKG melakukan analisis tentang pengaruh cuaca dan iklim dalam penyebaran penyakit Covid-19 di Indonesia.

Analisis dilakukan bersama 11 Doktor di Bidang Meteorologi, Klimatologi dan Matematika, didukung Guru Besar dan Doktor di Bidang Mikrobiologi dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Baca Juga: 9 Hal Ini Dieprediksi Akan Terjadi di Masa Depan Pasca Wabah Virus Corona Hilang, Ada Satu Ketergantungan

Kajian dilakukan dengan analisis statistik, pemodelan matematis dan studi literatur.

"Hasil analisis Sajadi et. al. (2020) serta Araujo dan Naimi (2020) juga menunjukkan sebaran kasus Covid-19 pada saat outbreak gelombang pertama, berada pada zona iklim yang sama, yaitu pada posisi lintang tinggi wilayah subtropis dan temparate," kata Dwikorita selaku kepala BMKG kepada Kompas.com, Sabtu (4/4/2020).

Dari hasil penelitian tersebut, lanjut dia, dapat disimpulkan sementara bahwa negara-negara dengan lintang tinggi cenderung mempunyai kerentanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara tropis.