Find Us On Social Media :

Obat Herbal Cegah Demam hingga Jadi Anti Racun, Ini 15 Manfaat Kunyit

15 manfaat kunyit, bisa untuk obat herbal cegah demam

GridFame.id - Jika suhu tubuh meningkat, tak perlu buru-buru minum obat dokter, Anda bisa menggantinya dengan obat herbal cegah demam.

Obat herbal cegah demam ini pun berbagai macam jenisnya.

Salah satunya bisa menggunakan kunyit sebagai obat herbal cegah demam.

Kunyit sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu bumbu masak atau rempah-rempah yang memiliki warna oranye.

Bukan hanya itu, rimpang kunyit selama ini telah jamak digunakan oleh masyarakat sebagai bahan baku dalam pembuatan jamu.

 

Baca Juga: Dijamin Disukai Anak-anak Sebagai Obat Herbal Cegah Sakit Tenggorokan, Ternyata Begini Kehebatan Jajanan ini!

Baca Juga: Enak dan Mudah Ditemui, 5 Makanan Ini Bisa Jadi Obat Herbal Cegah Covid-19 yang Jadi Sumber Imun Alami

Saat dipakai sebagai obat tradisional, kunyit biasanya disajikan dalam bentuk ramuan campuran atau gabungan komposisi dengan empon-empon lainnya.Melansir buku Temu-temuan dan Empon-empon: Budidaya dan Manfaatnya (1999) karya Ir. Fauziah Muslisah, rimpang kunyit mengandung sejumlah senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya, yakni:

Minyak asiri, Phellandrene, Sabinene, Cineol, Borneol, Zingiberence, Curcumene, Turmeron, Camphene, Camphor, Sesquiterpene, Caprilic acid, Methozinnamic acid, Tholymethy carbinol, Zat pewarna kuning yang mengandung alkaloid curcumid.