Find Us On Social Media :

Waspada! Peneliti Sebut Ada Potensi Tsunami 20 Meter Selat Sunda, BMKG Ungkap Kebenarannya

BMKG Sebut Wilayah Selatan Jawa Berpotensi Dilanda Tsunami 20 Meter Hingga Gempa

GridFame.id - Tak ada yang bisa memang menghambat atau pun menangkal perubahan iklim yang ada di tanah air.

Perubahan iklim yang cukup ekstrem beberapa kali terjadi di Indonesia.

Hal ini pun disebut-sebut akan berpengaruh pada kondisi beberapa wilayah di negeri ini.

Tidak dapat dipungkiri juga ini adalah sebuah masalah yang harus kita hadapi, di mana iklim berubah akan memberikan dampak untuk lingkungan.

Hasil riset para peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) terkait adanya potensi tsunami 20 meter di selatan Pulau Jawa menjadi viral dan ramai diperbincangkan masyarakat.

Hasil riset yang telah diterbitkan dalam jurnal Nature Scientific Report pada (17/9/2020), tersebut dianggap mengkhawatirkan jika benar-benar terjadi nantinya.

Baca Juga: Tanpa Endorse Langsung Bayar Tunai Resepsi Pernikahan Mewah, Terungkap Tarif Fantastis Nella Kharisma Sekali Manggung

Lantas, bagaimana tanggapan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) dengan hasil kajian peneliti ITB tersebut?

Kepada Kompas.com, Jumat (25/9/2020); Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono, mengatakan, BMKG dalam hal ini mengapresiasi hasil tersebut.

Dia menjelaskan, BMKG mengapresiasi penelitian tersebut karena kajian ilmiah yang dilakukan ini mampu menentukan potensi magnitudo maksimum gempa megathrust dan skenario terburuk.