GridFame.id - Kabar meninggalnya Rina Gunawan sangat mengejutkan banyak pihak.
Banyak para public figure yang begitu kehilangan sosok Rina Gunawan.
Mulai dari Ashanty sampai Melly Goeslaw secara bergantian ungkap pesan dan momen terakhir bersama mendiang Rina Gunawan.
Semasa hidup, Rina Gunawan disebut banyak membantu para artis-artis tersebut.
Apalagi sejak Rina Gunawan memutuskan untuk terjun dalam dunia bisnis Wedding Organizer.
Padahal mendiang Rina Gunawan adalah salah satu aktris dan presenter terkenal.
Kunci sukses berbisnis
Mendiang Rina Gunawan berkecimpung di bisnis event dan wedding organizer, yang diberi nama 9HN Production.
Artis yang dulu kerap bermain sinetron ini banyak menggeluti event launching produk, famiy gathering, acara perusahaan, dan pesta pernikahan.
Saat diwawancarai awak media, beberapa waktu lalu, Rina Gunawan bercerita, banyak suka duka yang dia alami dalam menjalani bisnis yang mulai digelutinya sejak tahun 1991 itu.
Misalnya saja, dia pernah mendapatkan order hanya sekali dalam lima bulan. Kemudian menjadi sekali dalam tiga bulan. Kini, order bisa datang tiap bulan.
Rina mengatakan, untuk bisa eksis pada bisnis event organizer, pelaku bisnis harus rajin ikut pitching atau tender sebuah event.
Perempuan kelahiran Bandung, 28 Juni 1974 ini sudah kenyang merasakan asam garam persaingan dalam proses tender.
Namun, Rina mengaku dirinya sudah jarang ikut pitching.
Maklumlah, dia sudah dipercaya klien sehingga order lebih banyak melalui penunjukan langsung.
Kata Rina, siapa pun yang terjun ke bisnis ini harus siap menerima kekalahan dalam proses pitching.
Namun Rina punya resep agar punya peluang lebih besar untuk menang pitching.
"Untuk bisa memenangkan persaingan, harus punya konsep yang bagus," ujarnya.
Tetapi, ada kalanya, konsep yang dibuat dengan pemikiran yang matang, malah diambil orang.
"Itu saya juga pernah mengalami," ujarnya.
Untuk memiliki konsep yang bagus, lanjut rina, tentu perusahaan harus didukung oleh sumber daya manusia yang kreatif, berdedikasi tinggi dan disiplin.
Dari tiga hal itu, yang paling penting bagi Rina adalah orang yang kreatif.
Sebab, konsep yang baik hanya lahir dari ide-ide kreatif.
"Misalnya dari event peluncuran sebuah produk, apa yang harus dibuat, desain interior atau backdrop-nya bagaimana? Jadi memang butuh anak-anak yang kreatif," ujarnya.
Sepanjang menggeluti bisnis WO, Rina pun merasa bisa mengikhlaskan kariernya di dunia hiburan.
Tidak ada perasaan kangen dan juga tidak ingin kembali kembali terjun di karier lamanya.
"Enggak (kangen) yaa, saya juga nggak ngerti kenapa nggak ada rasa kangen ya. Saat saya terjun ke dunia saya (WO) saya merasakan kepuasan sendiri," ucapnya.
Rina mengaku masih sesekali menerima pekerjaan sebagai MC dan brand ambassador untuk produk tertentu.
Namun semua itu sekedar mengisi waktu luang, bukan menjadi bisnis utamanya, apalagi berniat kembali ke dunia hiburan.
"Kalau dulu main sinetron dari pagi sampai malam. Tapi itu sudah lah, cukup suami saya saja," tegasnya.
Selamat jalan Rina Gunawan.