Find Us On Social Media :

Masuk Musim Hujan Tetapi Cuaca Terasa Panas? Ini Penjelasan BMKG

Memasuki musim hujan namun terasa panas ini penjelasan BMKG

GridFame.id- Saat ini Indonesia masuk wilayah musim hujan namun di sejumlah wilayah justru merasakan cuaca panas beberapa hari terakhir.

Cuaca panas dirasakan di sejumlah wilayah Indonesia dalam beberapa hari terakhir meskipun masih masuk musim hujan.

Contohnya disejumlah wilayah Pulau Jawa yang terpantau panas beberapa waktu belakangan yang di mana saat ini sebagian besar wilayah masih masuk musim hujan

Jika dilihat jadwal musimnya, seharusnya bulan ini masih masuk musim penghujan namun yang dirasakan masyarakat justru cuaca panas.

Seperti yang diungkapkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) bahwa dalam beberapa hari terakhir curah hujan di Pulau Jawa berkurang.

Hal ini yang menyebabkan cuaca panas imbas tidak adanya hujan selama beberapa hari di sejumlah wilayah Indonesia.

Baca Juga: BMKG Prediksi Cuaca DKI Jakarta Hari Ini 6 Januari 2022 Sedia Payung 3 Wilayah Ini Berpotensi Hujan Ringan

Penjelasan BMKG

Menurut penjelasan BMKG cuaca panas dan curah hujan yang berkurang di Jawa selama beberapa hari terakhir karena adanya sirkulasi siklonik di sekitar Laut Natuna.

“Jika dilihat dari pola angin, saat ini terpantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar Laut Natuna, barat Laut Kalimantan yang menahan massa uap air dari Asia,” mengutip penjelasan BMKG dari akun Instagram resminya @infoBMKG.

Sementara itu, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menyebut tinggi atau rendahnya suhu tidak bergantung pada musim apa yang tengah berlangsung.

Di musim kemarau, suhu bisa saja tinggi, bisa juga rendah. Begitu juga dengan musim penghujan.