Find Us On Social Media :

BMKG Ingatkan Waspada Gempa Susulan! Tercacat 3 Kali Guncang Banten Hingga Jakarta, Ini 8 Cara Antisipasi yang Harus Dilakukan saat Gempa

Gempa di wilayah Jakarta.

GridFame.id - Wilayah Banten kembali diguncang gempa magnitudo di atas 5,0 skala richter. Sebelumnya gempa terjadi dengan magnitudo 6,7 skala richter. Dilansir dari akun Twitter @infoBMKG gempa berkekuatan magnitudo 5,7 tersebut mengguncang Banten pada Jumat, 14 Januari 2022 pukul 16.49 WIB. Sebelum gempa magnitudo 5,7 ini, Banten juga diguncang gempa berkekuatan Magnitudo 3,7 dengan kedalaman 14 kilometer pada pukul 16.26 WIB. Kemudian berkekuatan magnitudo 3,7 kembali mengguncang dengan kedalaman pusat gempa 20 kilometer pada 16.27 WIB.

BMKG menyebut tidak adanya potensi tsunami dan meminta masyarakat tetap waspada dengan adanya gempa susulan. "Gempa Magnitudo: 5.7, Kedalaman: 10 km, 14 Jan 2022 16:49:21 WIB, Koordinat: 7.03 LS-105.25 BT (54 km BaratDaya SUMUR-BANTEN), Tidak berpotensi tsunami," tulis @infoBMKG.

Pusat gempa berada di 7.01 Lintang Selatan (LS) dan 105.26 Bujur Timur atau 52 kilometer Barat Daya, Sumur Banten.

Berdasarkan data BMKG, gempa berada pada kedalaman 10 kilometer.

Baca Juga: Breaking News: Gempa 6,7 Skala Richter Guncang Jakarta, Depok Hingga Banten, BMKG Sebut Tak Ada Potensi Tsunami

Dilansir dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika, berikut tindakan yang harus dilakukan ketika gempa bumi. 1. Tenang dan jangan panik Jika terjadi gempa bumi, penting untuk menjaga diri kita agar tetap tenang.

Jika kita tenang dan tidak panik, kita akan bisa berpikir jernih mengenai tindakan apa yang harus dilakukan.

Upayakanlah keselamatan diri dan keluarga kita ketika gempa bumi. Jika Anda berada di pusat keramaian seperti kantor, pusat perbelanjaan, hotel, dan telmpat lainnya, jangan menyebabkan kepanikan dan ikuti arahan petugas setempat. 2. Segera keluar dari gedung Jika memungkinkan, Anda bisa sesegera mungkin keluar dari rumah atau gedung yang sedang Anda diami. Anda bisa menggunakan tangga darurat. Jika menggunakan tangga darurat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama, berpeganglah pada sisi tangga. Kedua, jangan berlari. Berlari bisa meningkatkan resiko terjatuh saat sedang menuruni tangga. Terakhir, untuk wanita, lepaskan sepatu hak tinggi. Menggunakan sepatuk hak tinggi bisa membuat Anda terjatuh ketika sedang menuruni tangga dan sangat berbahaya.

Baca Juga: Baru Saja! Gempa Magnitudo Guncang Wilayah Ini, BMKG Beri Peringata Dini: Hati-hati Gempa Susulan

3.Jangan gunakan lift Jangan pernah menggunakan lift jika terjadi gempa bumi. Gempa bumi bisa membuat Anda terjebak di dalam lift. Jika Anda sedang berada di dalam lift dan merasakan gempa bumi, segera pencet semua tombol.

Setelah pintu terbuka, segera cari tempat untuk berlindung.

Namun, jika pintu tidak bisa dibuka, tekan tombol darurat dan hubungi petugas gedung melalui interphone yang tersedia. 4. Berlindung dari reruntuhan gedung Jika Anda berada di gedung yang tinggi dan tidak bisa segera keluar dari gedung, segera lindungi tubuh Anda dari reruntuhan. Anda bisa berlindung dengan merunduk di bawah meja, atau disudut ruangan yang kuat seperti dinding.