Find Us On Social Media :

Alhamdulillah! Jokowi Siapkan Bansos Rp 600.000 untuk PKL hingga Nelayan Miskin

bansos PKL 600 ribu

GridFame.id - Ada kabar baik di awal tahun 2022 ini.

Bansos untuk PKL dan nelayan miskin akan dibagikan langsung.

Tak tanggung-tanggung jumlahnya mencapai Rp600 ribu.

Hal ini diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Presiden Joko Widodo menyiapkan anggaran sebesar Rp 451 triliun untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2022.

Salah satunya memperluas program bantuan sosial (bansos) tunai. Airlangga mengatakan, bantuan tunai akan diberikan pemerintah untuk pedagang kaki lima (PKL), pemilik warung, dan nelayan.

"Presiden menyetujui untuk frontloading bansos perluasan program bantuan tunai untuk pedagang kaki warung dan nelayan, di mana ini jumlah pesertanya diperkirakan 2,76 juta orang," kata Airlangga dalam konferensi pers secara virtual terkait evaluasi PPKM, Minggu (17/1/2022).

“Besaran yang diberikan Rp 600.000 per penerima," lanjutnya.

Airlangga mengatakan, sebanyak 2,76 juta orang itu terdiri dari 1 juta pedagang kaki lima (PKL) dan pemilik warung serta 1,76 juta orang nelayan.

Baca Juga: Asyik! Bansos PKH 2022 Cair Sebentar Lagi, Simak Jadwal, Cara Pencairan dan Besaran yang Bakal Masuk Kantong

"Ini akan segera dilaksanakan dan Bapak Presiden setuju bahwa untuk perlindungan sosial akan dilakukan frontloading di kuartal pertama," ujarnya.

Lebih lanjut, Airlangga mengingatkan agar masyarakat menahan diri untuk bepergian ke luar negeri bila tidak ada kepentingan mendesak, mengingat Indonesia akan menghadapi lonjakan kasus Covid-19 akibat varian Omicron.