Find Us On Social Media :

Daftar 39 Kota di Indonesia Indonesia yang Akan Alami Ekuiluks hingga Bulan Depan, Ini Penjelasan Lapan

Fenomena ekuiluks akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia

GridFame.id- Berikut daftar lengkap 39 kota di Indonesia yang akan alami fenomena ekuiluks hingga bulan depan.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) merilis 39 wilayah akan alami fenoma ekuiluks, di mana 3 diantaranya adalah ibu kota provisi.

Fenomena ini diprediksi akan berlangsung selama 20 Januari – 26 Februari  mendatang. Meski demikian ekuiluks bukan merupakan tanda bahaya.

Di Indonesia sendiri, fenomena ekuiluks bisa terjadi hingga dua kali setahun, yakni pada Januari-Februari, dan Oktober-November.

Lantas apa  sebenarnya ekuiluks?

Berikut akan dijelaskan mengenai definisi ekuiluks dilengkapi daftar kota yang akan merasakannya.

Baca Juga: BMKG Prediksi Daerah Ini Berpotensi Alami Peningkatan Curah Hujan hingga Gelombang Tinggi Capai 4 Meter

Fenomena ekuiluks

Mengutip laman Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional BRIN, ekuiluks adalah fenomena astronomis ketika panjang siang tepat sama dengan panjang malam, yakni 12 jam.

Peneliti Pusat Riset Sains Antariksa Lapan BRIN, Andi Pangerang, mengatakan ekuiluks bisa tejadi dalam beberapa hari, beberapa pekan, bahkan bulan sebelum dan setelah ekuinoks.

Dijelaskan lebih jauh, ekuiluks dapat terjadi ketika solstis, dengan nilai deklinasi matahari kemiringan sumbu Bumi (=23°26′).

Dikarenakan deklinasi matahari tidak mungkin melebihi kemiringan sumbu bumi, maka kita dapat menentukan koordinat mana sajakah yang tidak memungkinkan terjadi ekuiluks