Find Us On Social Media :

2 Pasien Omicron Meninggal Dunia Karena Ada Komorbid, Ini Daftar Penyakit yang Bisa Perparah Kondisi jika Terpapar Covid-19

GridFame.id - Indonesia dikejutkan dengan kematian 2 pasien Covid-19 versi Omicron.

Pasalnya, Omicron dinilai tidak terlalu berbahaya.

Salah satu kelompok yang berisiko mengalami gejala serius jika terpapar infeksi virus corona adalah mereka yang memiliki penyakit bawaan tertentu atau komorbid.

Beberapa waktu lalu, laporan yang dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menunjukkan bahwa 94 persen kasus kematian Covid-19 di Amerika Serikat terjadi pada pasien dengan komorbiditas atau memiliki penyakit penyerta.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo juga meminta anggota keluarga yang memiliki komorbid untuk dipisahkan dari anggota keluarga yang berusia muda.

Pasalnya, anggota keluarga berusia muda berpotensi menjadi pembawa virus corona tanpa menunjukkan gejala, sehingga dapat berbahaya bagi anggota keluarga dengan komorbid.

Lantas, apa saja penyakit penyerta (komorbid) yang dapat memperburuk kondisi seseorang saat terpapar virus corona? 

Penyakit penyerta (komorbid)

Epidemiolog dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Bayu Satria menjelaskan, sejumlah penyakit penyerta terkait Covid-19 yang bisa memperparah kondisi pasien.

Baca Juga: Wajib Tahu Aturan Baru Kemenkes! Ini Kriteria Pasien Omicron yang Harus Dirawat di Rumah Sakit dan yang Boleh Isolasi di Rumah

Berikut adalah penyakit-penyakit tersebut:

  1. Diabetes Mellitus
  2. Penyakit autoimun seperti lupus/SLE
  3. Penyakit ginjal
  4. Penyakit jantung koroner
  5. Hipertensi
  6. Tuberkulosis
  7. Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)
  8. Penyakit kronis lain
  9. Tumor/kanker/keganasan
  10. Penyakit terkait geriartri

"Ketika orang dengan komorbid tersebut terkena Covid-19, maka ada risiko cukup tinggi untuk mengalami gejala parah," kata Bayu saat dihubungi Kompas.com, Senin (5/10/2020) siang.