Find Us On Social Media :

Jangan Panik! Lakukan Ini Usai Kontak Erat dengan Pasien Covid-19 Varian Omicron

Omicron miliki gejala yang hampir mirip dengan penyakit flu

GridFame.id - Kasus dari varian Omicron kini terus mengalami lonjakan di Indonesia.

Varian Omicron ini menurut penelitian penularannya sangat cepat dan mudah.

Dikutip dari Tribunnews.com yang melansir dari WHOvarian Omicron atau yang memiliki nama virus varian B.1.1.529 sudah terdeteksi sejak 26 November 2021.

Varian Omicron disebut-sebut memiliki risiko penularan lebih cepat.

Namun perawatan dan tingkat keparahannya dianggap lebih rendah.

Setelah mengetahui seseorang yang ditemui terkonfirmasi positif Covid-19, ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Sebab, kemungkinan Anda termasuk dalam kontak erat pasien tersebut.

Apa saja yang harus dilakukan setelah kontak erat dengan pasien omicron?

Simak informasi berikut ini.

Baca Juga: Jubir Kemenkes Angkat Bicara Soal Kenaikan Kasus Covid-19 Mendekati Bulan Puasa

Kasus Covid-19 di Indonesia mengalami lonjakan. Berdasarkan data per Jumat (4/1/2022), sebanyak 32.211 kasus baru dilaporkan. Jumlah ini merupakan yang tertinggi sejak Agustus 2021. Sebagian dari jumlah kasus tersebut adalah infeksi Covid-19 varian Omicron. Lantas, apa yang harus dilakukan ketika kontak erat dengan pasien konfirmasi positif Covid-19 Omicron? Berikut penjelasan dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19: Penjelasan Satgas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, warga yang kontak erat dengan pasien positif virus corona harus melakukan tes. Tes itu dilakukan untuk semua warga yang terkonfirmasi Covid-19, baik Omicron maupun varian lainnya. "Untuk orang yang kontak erat dengan pasien Covid-19, harus dilakukan testing," kata Wiku, saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (5/1/2022). Apabila hasil tes positif, maka warga harus menjalani isolasi atau karantina. Wiku menjelaskan, isolasi merupakan upaya memisahkan dan membatasi diri dari interaksi dengan orang lain saat sudah dinyatakan positif Covid-19. Karantina merupakan memisahkan dan membatasi diri dari interaksi setelah terpapar atau kontak dengan faktor risiko penularan Covid-19.

Baca Juga: Tolong Waspada! Ini 6 Gejala Positif Covid-19 Varian Omicron pada Orang Dewasa

Artikel Ini Telah Tayang Sebelumnya di Kompas.com dengan Judul "Kontak Erat dengan Pasien Omicron, Apa yang Harus Dilakukan?"