Find Us On Social Media :

Luhut Himbau Lansia 60 Tahun ke Atas Tak Keluar rumah dalam Sebulan ke Depan, Ada apa?

Menteri Koordinator Bidang Marves, Luhut Binsar Pandjaitan

GridFame.id- Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menghimbau dan memberikan saran kepada masyarakat lanjut usia (lansia) agar tak kelur rumah dalam sebulan ke depan.

Himbauan ini ditujukan bagi lanjut usia yang sudah memasuki usia 60 tahun ke atas agar lebih banyak aktivitas di rumah.

Menurutnya, himbauan ini jika dilakukan dapat mencegah peningkatan penyebaran virus Covid-19, teruatama Omciron yang tengah mengancam RI saat ini.

Masyarakat yang tengah memasuki lansia berumur 60 tahun ke atas diingatkan untuk tidak keluar rumah sementara demi meredam kasus Covid-19 yang semakin meningkat setiap harinya.

“Saya usul dua minggu sampai sebulan ke depan untuk orang-orang kriteria 60 tahun ke atas, eloknya tinggal di rumahg dulu sementara,” ujarnya dalam acara Harlah ke-96 NU secara virtual mengutip Youtube TVNU (6/2/2022).

Pesan ini ditujukan bagi semua lansia yang berusia 60 tahun ke atas terutama bagi yang belum melakukan vaksin dua kali dan miliki penyakit komorbid.

Baca Juga: Salah Satunya Hidung Tersumbat, Ini Penuturan Ahli Tentang Gejala Omicron yang Banyak Dialami Pasien

Meski begitu, masyarakat tidak perlu panik yang berlebih, karena data yang diperoleh pemerintah menujukkan perawatan Omicron lebih singkat dari yang diduga.

Mengenai himbauan tersebut, Luhut mempunyai alasan bahwa data yang diperoleh pemerintah menujukkan bahwa kasus Covid-19 yang meninggal pada umumnya adalah mereka yang berusia 60 tahun ke atas, belum divaksinasi dan memiliki komorbid.

Selain itu, Luhut mengingatkan agar pasien yang mengalami gejala ringan untuk dirawat di rumah.

Fasilitas pengobatan di rumah sakit diprioritaskan bagi mereka yang berusia 60 tahun ke atas, karena termasuk kelompok rentan.

Luhut meminta agar masyarakat Indonesia tidak menganggap enteng mengenai varian Omicron mengingat gejalanya yang ringan dan perawatannya yang singkat.