Find Us On Social Media :

Kabar Baik! Penyandang Diabetes Bisa Panjang Umur dengan Sedikit Perubahan Gaya Hidup Ini

GridFame.idGaya hidup yang tidak banyak bergerak adalah salah satu penyebab utama diabetes dan komplikasi kesehatan yang terkait.

Penting diketahui, kelebihan gula darah menurunkan elastisitas pembuluh darah dan menyebabkannya menyempit, menghambat aliran darah.

Hal ini dapat menyebabkan suplai darah dan oksigen berkurang, meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan kerusakan pembuluh darah besar dan kecil.

Akibatnya lama kelamaan terjadi komplilkasi.

Komplikasi termasuk serangan jantung dan stroke, infeksi kaki yang berat (menyebabkan gangren, dapat mengakibatkan amputasi), gagal ginjal stadium akhir dan disfungsi seksual.

Setelah 10-15 tahun dari waktu terdiagnosis, prevalensi semua komplikasi diabetes meningkat tajam.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), angka rata-rata hidup penyandang diabetes adalah 76,4 tahun untuk pria, sementara untuk wanita adalah 81,2 tahun.

Namun, dengan membuat beberapa perubahan kecil pada rutinitas harian normal, kita dapat dengan mudah mencegah serta mengendalikan diabetes, dan bonusnya berumur panjang.

Penelitian telah menunjukkan bahwa intervensi gaya hidup memainkan peran kunci dalam menjaga kadar gula darah tetap terkendali, selama gaya hidup yang berubah dipertahankan.

Baca Juga: Mungkin Sedikit Aneh, Susu Campur Satu Bahan Dapur Ini Ternyata Bisa jadi Obat Alami yang Ampuh Atasi Sederet Penyakit Mematikan Mulai dari Kanker Hingga Diabetes

Perubahan apa yang perlu kita lakukan?