Find Us On Social Media :

3 Cara Cek Diabetes Lewat Mata, Segera Periksa ke Dokter!

Cek Diabetes lewat mata

GridFame.id - Jumlah penderita diabetes dari tahun ke tahun terus meningkat.

Parahnya, penyakit ini kerap diikuti gejala penyakit kronis lain, seperti stroke, gangguan ginjal, dan kardiovaskular.

Inilah yang membuat tenaga medis terus berusaha menekan angka penderita diabetes.

Mengingat banyaknya pengidap diabetes yang belum menyadari kondisinya, maka semua orang yang berisiko tinggi mengalami penyakit ini wajib melakukan skrining untuk gula darah.

Dikutip dari Kompas.com, skrining kesehatan merupakan bentuk deteksi dini untuk penyakit yang berpotensi menimbulkan bahaya besar.

Nah, skrining kesehatan juga dapat dilakukan secara mandiri.

Alat yang diperlukan untuk skrining di rumah adalah timbangan berat badan, meteran untuk mengukur lingkar perut, dan pengukur kadar gula darah.

Namun kini cek diabetes juga bisa dilakukan lewat tes mata.

Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami tiga kondisi ini.

Baca Juga: Tak Perlu Bolak-balik ke Doker, Cuma Modal Terong Hijau Dijamin Tubuh Terhindar dari Diabetes hingga Darah Tinggi, Begini Cara Olahnya!

Kondisi mata ternyata dapat mendeteksi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dokter mata Meghan Riegel, OD, mengatakan bahwa dari cek mata yang rutin dilakukan, tanda-tanda diabetes dapat terlihat. "Jika ada terjadi masalah, dokter mata terkadang jadi yang pertama mendeteksi perubahannya," ujarnya dikutip dari vsp.com, Sabtu (12/02/2022). Beberapa orang kadang tidak menyadari kalau dirinya terkena diabetes dan baru tahu saat merasakan ada yang tidak beres dengan tubuhnya. Salah satu bagian tubuh yang terdampak oleh diabetes adalah mata. Melansir niddk.nih.gov, Sabtu (12/02/2022), gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah di balik mata. Meskipun masih dalam fase pradiabetes. Pembuluh darah yang rusak akan mengeluarkan cairan dan menimbulkan jaringan parut di mata. Selain itu, diabetes juga dapat membuat pandangan mata kabur, timbul area gelap saat melihat, penglihatan warna yang memburuk, dan muncul bintik-bintik gelap. Jika mengalami salah satu gejala tersebut, segera lakukan pemeriksaan mata untuk mendeteksi diabetes. Setidaknya terdapat tiga gangguan mata yang bisa terjadi, jika diabetes tidak terdeteksi atau dibiarkan begitu saja.

Baca Juga: Penyebab Penderita Diabetes Kerap Marah Tak Terkendali