Find Us On Social Media :

Jangan Ngasal! Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Oleskan Losion ke Kulit Penderita Diabetes Jika Tak Mau Celaka

Pemakaian body lotion

GridFame.id - Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan penderita diabetes jika ingin panjang umur.

Tanda awal diabetes penting dikenali untuk mencegah penyakit ini berkembang semakin parah.Diabetes adalah penyakit yang menyebabkan kadar gula darah seseorang menjadi terlalu tinggi.Sementara gula darah tinggi adalah kondisi yang dapat merusak organ dan jaringan di seluruh tubuh.Merangkum Health Line, semakin tinggi gula darah dan semakin lama masalah ini tak tertangani.Maka kian besar juga risiko seseorang untuk bisa mengalami komplikasi diabetes.

Beberapa tanda diabetes kerap tak disadari penderitanya salah satunya kulit menghitam dan kering.

Biasanya, orang akan mengoleskan losion untuk mengatasi masalah ini.

Lalu, apakah boleh mengoleskan losion pada kulit penderita diabetes?

Baca Juga: 3 Cara Cek Diabetes Lewat Mata, Segera Periksa ke Dokter!

Losion menjadi barang yang tak boleh dilupakan begitu saja oleh penyandang diabetes. Hal ini dikarenakan losion dapat membantu mereka ketika mengalami masalah kulit kering. Menurut laman WebMD (19/10/2020), kulit kering merupakan satu dari beberapa masalah yang sering dialami penyandang diabetes. Penyebabnya sendiri adalah kadar gula darah (glukosa) yang tinggi tidak terkontrol dan sebagian besar mempengaruhi saraf di area kaki dan kaki. Dimana ketika kadar gula darah tinggi, kulit kaki tidak mendapatkan pesan dari otak untuk berkeringat.  Padahal keringat inilah yang berperan membuat kulit kaki tetap lembab dan lembut terhindar dari masalah kulit kering. Ketika kulit kering terjadi pada penderita diabetes, itu bisa berbahaya sebab kulit kering di kaki dan tumit dapat membuat kulit pecah-pecah sehingga membuka celah bagi bakteri dan virus untuk masuk alhasil risiko terinfeksi pun menjadi tinggi. Diketahui luka yang terinfeksi pada penyandang diabetes sangat sulit untuk sembuh, bahkan tak jarang berisiko amputasi. Karenanya melembabkan kulit menggunakan losion jadi salah satu cara yang efektif untuk mencegah risiko tersebut.

Baca Juga: Astaga Sering Dihindari Penderita Diabetes! Tak Sangka Coklat Putih Ternyata Ampuh Mencegah Penyakit Asam Urat

Tips Melembabkan untuk Kaki Diabetes Melansir laman drbruceascudday.com, menggunakan pelembap harian pada kaki tidak hanya membuat kaki penyandang diabetes tampak bagus tetapi juga menjaganya tetap sehat. Losion dapat membantu menenangkan kulit, meredakan pegal-pegal pada kaki, dan memberikan hidrasi pada area kaki yang kering. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat memilih dan menggunakan losion untuk kaki penyandang diabetes. Ini termasuk: 1. Perhatikan bahan-bahannya Carilah losion yang mengandung bahan-bahan seperti minyak jojoba, shea butter, dan urea. Bahan-bahan ini sangat melembapkan dan dapat menembus kulit yang mengeras. Penyandang diabetes juga perlu mencari produk yang bebas dari pewangi dan bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit.

Baca Juga: Tak Perlu Bolak-balik ke Doker, Cuma Modal Terong Hijau Dijamin Tubuh Terhindar dari Diabetes hingga Darah Tinggi, Begini Cara Olahnya!

  2. Menargetkan area masalah yang dialami Saat mengoleskan losion ke kaki, targetkan area seperti bagian atas, samping, dan bawah kaki dengan memperhatikan tumit masing-masing. Hindari mengoleskan pelembap di sela-sela jari kaki karena dapat memicu pertumbuhan jamur. 3. Menambahkan pijat untuk meningkatkan sirkulasi yang lebih baik Setelah penyandang diabetes mencuci dan mengeringkan kaki, oleskan losion dengan murah hati. Saat mengoleskan losion, tambahkan pijat dengan gerakan melingkar menggunakan ujung jari untuk meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh kaki. 4. Perhatikan kulit pecah-pecah atau luka Jika penyandang diabetes memiliki kulit pecah-pecah atau luka di kaki yang tidak kunjung sembuh, konsultasikan dengan ahli penyakit kaki untuk mendapatkan bantuan. Penting bagi penyandang diabetes untuk mendapatkan luka yang tidak sembuh segera dievaluasi.

Baca Juga: Ngeri! Ini 3 Gangguan Mata yang Dapat ‘Menyerang’ Penderita Diabetes Ada yang Bisa Menyebabkan Kebutaan

Artikel Ini Telah Tayang Sebelumnya di GridHealth.id dengan Judul "4 Tips Memakai Losion Untuk Mencegah Kulit Kering Diabetes, Jangan Salah"