Find Us On Social Media :

Selain Diabetes Satgas Ingatkan Ini Komorbid yang Berpotensi Alami Kritis hingga Meninggal Dunia Saat Terinfeksi Covid-19

Daftar Komorbid yang berpotensi mengalami gejala kritis hingga meninggal dunia jika terinfeksi Covid-19

GridFame.id- Virus Covid-19 saat ini masih menghantui Indonesia sejak adanya kemunculan varian baru (Omicron) yang terkonfirmasi pada Desember tahun lalu.

Covid-19 telah banyak menginfeksi masyarakat Indonesia hingga yang lebih parah merenggut nyawa sekian banyak orang sejak virus ini muncul.

Dari banyaknya warga Indonesia yang meninggal dunia akibat Covid-19, didominasi oleh pasien dengan usia lanjut dan memiliki penyakit bawaan (komorbid)

Untuk diketahui, virus corona penyebab penyakit Covid-19 diketahui berbahaya terhadap pasien yang mempunyai penyakit bawaan (komorbid).

Belajar dari tahun-tahun lalu mayoritas kematian pada pasien Covid-19  berhubungan dengan pasien yang memiliki riwayat penyakit penyerta.

Hal ini disinggung kembali oleh Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19  Wiku Adisasmito.

Ia menyebut bahwa ada 2 daftar komorbid yang berpotensi kritis hingga meninggal dunia berdasar data yang dihimpun dari sistem rumah sakit online pada 13 Februari 2022.

Lantas apa saja daftar penyakit penyerta (komorbid) yang berpotensi kritis hingga meninggal dunia tersebut?

Berikut ini penjelasan dari Satgas Penganganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

Baca Juga: Penerima Vaksin Lengkap Masih Bisa Terkonfirmasi Omicron, Gejala yang Muncul Seperti Ini

Dalam konferensi pers yang diadakan secara daring (15/2), Wiku menjelaskan mayoritas kasus positif yang meninggal dunia adalah pasien yang memiliki komorbid diabetes melitus.

“Mayoritas kasus positif yang meninggal dunia dikontribusikan oleh komorbid diabetes melitus dan 15 persen diantaranya bahkan memiliki riwayat komorbid lebih dari satu jenis penyakit,” ujar Wiku.