Find Us On Social Media :

Berikut Rekomendasi Obat Omicron dari Kemenkes Untuk Pasien OTG hingga Gejala Ringan

Rekomendasi obat Omicron bagi pasien OTG hingga bergejala ringan

GridFame.id- Hingga kini kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Kemungkinan puncak infeksi Covid-19 yang sebelumnya pernah disinggung terjadi pada akhir Februari bisa terjadi.

Maka dari itu, pemerintah memberi himbauan bagi mereka yang statusnya OTG hingga bergejala ringan untuk menjalani isolasi mandiri (isoman).

Selain itu, pasien  juga harus menyediakan obat-obat yang direkomendasikan secara resmi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Perlu diketahui, beberapa waktu belakangan Kemenkes menginformasikan dua obat yang dinilai ampuh untuk pasen Omicron OTG hingga bergejala ringan.

Obta-obat tersebut akan dsiapkan pemerintah untuk terapi Covid-19 yang sudah disetujui oleh organisasi profesi kedokteran.

Baca Juga: Tolong Waspada! Ini Dua Gejala Omicron yang Mungkin Muncul Saat Makan

Adapun dua obat tersebut adalah Avigan (Favipiravir) dan Molnupiravir di mana obat ini akan ditujukan bagi pasien yang terkonfirmasi positif Omicron.

“Obat-obatan antivirusnya kita sudah siapkan lebih dari 20 juta dosis faviravir atau Avigan dan Molnupiravir, dua obat itu disetujui oleh organisasi profesi,” ujar Menteri Kesehatan Budi Sadikin dalam konferensi pers daring.

Adapun organisasi profesi kedokteran yang dimkasud Menkes adalah Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Perhimpunan Dokter Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia, Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Pasien yang ingin mendapat obat tersebut, lanjut Budi harus menebus dengan menggunakan resep dokter.

“Kalau (pasien) dengan gejala, kita siapkan lebih dari 20 juta dosis antivirus harus dengan resep, bisa dilakukan dengan dokter, di apotek, atau telemedicine,” lanjutnya.