Find Us On Social Media :

Siap-siap! Tahu Tempe se-Jawa Akan Hilang Minggu Depan, Para Pedagang Kompak Mogok Berjualan

Pekerja membuat tempe di sentra perajin tempe Sanan, Jatim

GridFame.id- Masyarakat bersiap tahu tempe se-Jawa  kabarnya akan menghilang mulai minggu depan.

Ini diakibatkan karena naiknya harga kacang kedelai impor di pasaran yang mencapai Rp12 ribu per kilogram membuat pengrajin menjerit.

Dengan begitu pedagang tahu tempe dalam negeri akhirnya memutuskan untuk mengurangi semengtara stok harian tahu-tempe selama tiga hari

Mengutip KompasTV (19/2) seperti halnya harga kacang kedelai di Gorontalo, 2 pekan terakhir harga kacang kedelai yang sebelumnya  hanya Rp9 ribu kini naik menjadi Rp11.400 per kg.

Belum lagi ditambah ongkos produksi melejit, membuat omset penjualan menurun drastis bahkan merugi.

Imbas kenaikan harga kedelai, para produsen tahu tempe se-Indonesia akan kompak mogok produksi pada 21-23 Februari 2022.  

  Baca Juga: Minyak Goreng Belum Turun, Kini Tahu Tempe Diprediksi Naik Harga di 2022 Karena Hal Ini

Aksi mogok produsen tahu tempe iini akan berlaku untuk seluruh pengrajin se-Jawa mulai  21 Februari 2022.

Ketua umum gabungan koeprasi Produsen Tahu Tempe Indonesia (Gakoptindo) Aip Syaifuddin mengatakan , sebelumnya, pengrajin tahu tempe yang akan melakukan aksi hanya mereka (pengrajin ) area Jabodetabek dan Jawa Barat.

Namun ternyata, aksi ini akan dilakukan juga di daerah lain seperti Bandung, Bogor, Banten, Jabar, Jateng dan Jatim yang menyampaikan keinginan yang sama.

“Sehingga bisa dibiang (pengrajin tahu tempe0 seluruh jawa akan mogok produksi,” ujar Aib dalam diskusi media daring (17/2)

Aib mengatakan aksi yang dilakukan ini bukan demo yang rusuh sampai turun ke jalanan, melainkan hanya berhenti produksi sementara.