Find Us On Social Media :

Daerah di Indonesia Ini Diprediksi Alami Cuaca Ekstrem hingga Akhir Februari 2022 Mohon Waspada

BMKG beri perfingatan dini kepada beberapa wilayah hingga 28 Februari 2022

GridFame.id- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali memperingatkan cuaca dini bagi beberapa wilayah di Indonesia.

Dalam rilisnya, BMKG menghimbau kepada wilayah di Indonesia terkait cuaca ekstrem dan angin kencang.

Cuaca ekstrem dan angin kencang di wilayah ini  terjadi dan berpeluang di akhir Februari 2022.

Maka dari itu cek informasinya hingga selesai agar Anda mengetahui daerah yang mendapat peringatan keras oleh BMKG.

Perlu diketahui, informasi ini disampaikan oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan resminya.

Di mana ia mengatakan adanya potensi cuaca ekstrem yang kemungkinan terjadi berupa hujan dengan intensitas ‘sedang’ hingga ‘lebat’ disertai angin kencang dan kilat/petir.

Cuaca ekstrem yang terjadi dipengaruhi adanya sirkulasi siklonik yang tejadi di Samudra Hindia barat Aceh yang membentuk daerah konvergensi memanjang di eprairan utara Aceh dan Sumetera Utara hingga Aceh.

Kemudian, sirkulasi lain juga terlihat di utara Papua Barat di mana daerah konvergensi memanjang dari Laut Maluku hingga Laut Banda dan Papua Barat.

Sementara daerah konjvergensi terpantai memanjang dari Jawa Barat hingga Jawa Timur di Kalimantan Selatan, di Sulawesi Tengah, dan di Nusa Tenggara Timur.

 Baca Juga: Himbauan Wilayah Banten, BMKG Sebut Kota Ini Berpotensi Terhadap Gempa dan Tsunami pada 13 Februari 2022

Sedangkan Papua dan daerah pertemuan angin (konfluensi) yakni di Laut Jawa, Laut Flores, Sulawesi bagian selatan, Nusa Tenggara Baratm Nusa Tenggara Timur dan Maluku.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah siklonn tropis, bibit siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut,”