Find Us On Social Media :

Bersiap Kencangkan Ikat Pinggang Ini Daftar Kebutuhan Pokok yang Naik di Tahun 2022

Kebutuhan bahan pokok melonjak di tahun 2022

GridFame.id- Perlu diketahui tahun 2022 pemerintah resmi menetapkan penyesuaian harga di beberapa kebutuhan pokok.

Akibatnya, sebagian besar warga  mulai mengeluhkan terkait kenaikan kebutuhan bahan pokok yang beredar saat ini .

Kejadian tersebut akhirnya memaksa  masyarakat  mengeluarkan biaya lebih dari penghasilannya untuk sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bahkan ekomom yang juga Direktur Center of Economic and Law Studiies Bima Yudistiira memprediksi kenaikan harga bahan pokok masih terus berjalan sampai nanti setelah Ramadhan dan Lebaran.

“Kalau melihat dari ketergantungan impornya besar untuk yang pangan , ini kelihatannnya akan berjalan dalam waktu tidak sebentar. Bahkan , setelah Ramadhan dan Lebaran kenaikan harga masih terjadi,” ujar Bima dalam dialog Sapa Pagi Indonesia mengutip Kompas TV.

Penyesuaian harga bahan pokok terjadi karena faktor yang beragam. Tebraru, pemerintah menaikkan harga LPG non-subsidi dikarenakan adanya kenaikan patokan harga LPG dunia yang terus meningkat sepanjang tahun 2021.

Kenaikan harga juga terjadi pada beberapa komoditas bahan pokok lainnya.

Untuk mengetahui selengkapnya, berikut ini rangkuman lengkap kebutuhan bahan pokok yang mengalami kenaikan harga di tahun 2022.

 Baca Juga: Pasar Murah DKI Jakarta Februari 2022 Masih Berjalan Catat Tanggal dan Lokasinya

1. Minyak goreng

Penyesuaian harga bahan pokok ini mulai terjadi sejak November 2021. Pada waktu itu minyak goreng kemasan bermerek sempat berada di angka Rp24 ribu per kg.

Namun untuk  mengurangi keresahan warga, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akhirnya mengeluarkan kebijakan HET minyak goreng Rp14 ribu per liter.