Find Us On Social Media :

Mohon Waspada Ini 10 Titik di Jakarta yang Rawan Pegerseran Tanah pada Maret 2022

Ilustrasi pergerakan tanah

GridFame.id- Warga Jakarta dan sekitar mohon perhatiannya ada sepuluh (10) titik rawan pergeseran tanah pada Maret 2022.

Beberapa waktu lalu, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengumumkan bahwa berdasar keterangan  PVMBG  ada 10 lokasi yang mempunyai potensi alami pergerakan tingkat menengah.

Kejadian pergerseran tanah ini bahkan diprediksi  PVMBG akan  terjadi pada Maret 2022.

Informasi ini disampaikan pihak BPBD melalui akun Instagram resminya yang dikutip tim GridFame.id (3/2).

“Informasi dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) Kementerian ESDM, beberapa lokasi di Provinsi DKI Jakarta berada di zona menengah,” tulis unggahan dalam akun media sosial Instagram BPBD DKI Jakarta.

Pada zona menengah ini, pihak BPBD menjelaskan bahwa pergerseran dapat terjadi jika curah hujan berada di atas normal (lebat).

Adapun daerah yang akan terdampak risiko paling tinggi yakni yang berbatasan dengan lembah sungah, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.

Dalam unggahannya tersebut, BPBD DKI Jakarta juga menghimbau dan memberi peringatan kepada warga sekitar lokasi untuk mengantisipasi adanya pergerakan tersebut.

Lantas mana saja ya titik di Jakarta yang rawan mengalami pergerseran tanah pada Maret 2022?

 Baca Juga: Ini Daftar Instansi yang Akan Tetap Tinggal di Jakarta, Tidak Ikut Diboyong ke IKN

Berdasarkan unggahan tersebut, setidaknya ada10 lokasi/ titik yang diprediksi mengalami pergerseran tanah pada tahun 2022 tepatnya bulan ini.

Prakiraan lokasi potensi terjadi pergerakan tanag disusun berdasarkan hasil tumpeng susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan  bulanan yang diperoleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)