Find Us On Social Media :

Prediksi Cuaca BMKG 21 Maret 2022 Ini Titik yang Berpotensi Mengalami Hujan

Prediksi cuaca di Indonesia pada 21 Maret 2022

GridFame.id- Berikut ini prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) per 21 Maret 2022.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) kembali merilis peringatan dini terhadap cuaca untuk besok Senin (21/3) di wilayah Indonesia.

Dalam rilisnya diketahui ada 32 titik di Indonesia yang berpotensi mengalami hujan.

Adapun hujan tersebut dapat disertai dengan angin kencang disertai dengan petir di beberapa wilayah.

Dalam keterangannya Bibit Siklon Tropis 91 B terpantau di Laut Andaman sebelah barat Thailand yang menjauhi Indonesia, namun sstem ini membentuk daerah pertemuan /perlambatan kecepetan angin (konvergensi) yang memanjang Aceh.

Bibit Siklon 91B ini diduga dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan , kecepatan angin dan juga ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjanga daerah konvergensi tersebut.

Sementara Siklon Tropis 93S terpantau di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa yang menjauhi ke barat daya namun  sistem ini membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari perairan sebelah selatan Jawa Barat hingga Jawa Timur dan dari NTT bagian barat hingga perairan sebelah selatan NTB serta low level jet hingga mencapai . 25 knot di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa.

Bibit siklon 93S omo diketahui mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan, kecepatan angind an juga ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit konvergensi/low level jet tersebut.

Sedangkan daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari perairan sebelah barat Sumatera Utara hingga Riau, Bengkulu, di selat makasar bagian Selatan, dari Selat Makassar bagian tengah hingga teluk bone dari laut Sulawesi hingga Sulawesi Utara dan dari Papua Barat hingga Papua.

Baca Juga: Daerah di Indonesia Ini Diprediksi Alami Cuaca Ekstrem hingga Akhir Februari 2022 Mohon Waspada

Kondisi terssebut mengakibatkan peningkatan pertumbuhana awan hujan di sekitar wilayah sirukulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Adapun berdasarkan kondisi tersebut, berikut ini wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah sbb: Sumatera, Bengkulu, DKI Jakarta dan juga Kalimantan Selatan.