Find Us On Social Media :

Cuaca Tak Menentu BMKG Prediksi Gelombang Tinggi hingga 4 Meter 27 Maret 2022 di Daerah Ini

Ancaman gelombang tinggi hingga 4 meter

GridFame.id- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali memberi peringatan dini kepada beberapa wilayah perairan yang terjadi (27/3/2022).

Dalam rilisnya, dikatakan bahwa perairan di Indonesia akan berpogtensi mengalami gelombang tinggi dari (26/3) sore hingga (27/3).

BMKG juga menyertakan peta sebaran potensi gelombang tinggi untuk beberapa perairan di Indonesia.

Dalam peringatan tersebut, dikatakan beberapa daerah mengalami tekanan rendah di Samudra Hindia barat daya banten serta sirkulasi siklonik di Kalimantan dan Laut Ararufu.

Daera tekanan rendah dan sirkulasi tersebut akhirnya membentuk daerah pertemuan/ perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Laut China Selatan hingga Kalimantan Tengah hingga Kalimantgan Utara dan di NTT.

Daerah Konvergensi juga terdeteksi memanjang dari Bengkulu hingga lampung, dari pesisir selatan jawa Barat hingga Jawa Timur, dari Laut Sulawesi hingga Sulawesi Utara, di Maluku, di Papua Barat dan di Papua.

Imbas dari kondisi tersebut adalah peningkatan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah tekanan, sirkulasi siklonik dan sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Masyaraka diharap waspada akan prediksi tersebut, Anda bisa juga menyimak daftarnya untuk mengantisipasi lebih dini.

Berikut ini sejumlah perairan yang dideteksi BMKG akan mengalami gelombang tinggi hingga 4 meter.

 Baca Juga: BMKG Deteksi Adanya 6 Titik Panas di Provinsi Kalimantan Timur Dampak Ini yang Diwaspadakan

 

Adapun daerah perairan dengan gelombang tinggi dari 2.5 hingga 4 meter akan berpotensi di Samudra Hindia Barat Kep. Mentawai hingga Lampung, Perairan Enggano (Bengkulu), Perairan Barat Lampung.