Find Us On Social Media :

Bulan Puasa Tinggal Menghitung Hari, Ini Syarat dan Bacaan Niat Mengganti atau Qadha Puasa Tahun Lalu! Kapan Sidang Isbat Ramadhan 2022?

Pelaksanaan Sidang Isbat

GridFame.id - Ramdhan 2022 tinggal menghitung hari, bagi yang belum membayar utang puasa tahun lalu ini syarat dan bacaan niat mengganti atau qadha.

Sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, umat Muslim diwajibkan membayar utang puasa (qadha) yang belum terbayarkan di tahun sebelumnya.Dikutip oleh Instagram @rumayshocom, ada beberapa syarat atau ketentuan dalam mengqadha puasa.Yakni, qadha puasa tidak boleh dibatalkan kecuali ada halangan yang dibolehkan dalam berpuasa Ramadhan.Kedua, tidak wajib membayar puasa secara berturut-turut, atau boleh dilaksanakan dalam waktu yang tak berurutan jika berhutang lebih dari 1 hari.Ketiga, mengganti puasa sesuai dengan jumlah utangnya.Keempat, membaca niat puasa qadha diwajibkan di malam hari sama seperti waktu bulan Ramadan.Kelima, saat melakukan qadha puasa lalu berhubungan dengan suami/istri di siang hari, maka tidak ada denda yang dibayarkan, melainkan mengganti puasa yang disertai dengan taubat.

Simak bacaan niatnya.

Baca Juga: Begini Cara Bayar Utang Puasa Bertahun-tahun Menurut Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Ini bacaan niat mengganti atau qadha puasa Ramadan, dikutip dari TribunWow.

Nawaitu Shouma Ghodin'an Qadaa'in Fardho Romadhoona Lillahi Ta'alaArtinya : "Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardu Ramadan karena Allah Ta'ala."

Kapan Puasa Ramadhan 2022 Dimulai?

Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari. Setiap Muslim yang mampu, diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Untuk menentukan awal Ramadhan, ada dua cara yang dilakukan, yaitu hisab (hitungan) dan rukyatul hilal (melihat hilal). Lantas, kapan awal Ramadhan 2022? puasa Ramadhan 2022 tanggal berapa?Muhammadiyah Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah pada Sabtu (2/4/2022), berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal.

Ketentuan tersebut tertuang di dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H. "1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Sabtu Pon, 2 April 2022 M," tulis maklumat tersebut, dikutip dari pemberitaan Kompas.com. Selain 1 Ramadhan 1443 H, Muhammadiyah juga menetapkan 1 Syawal, 1 Zulhijah, Hari Arafah, dan Idul Adha 1443 H.

Untuk 1 Syawal 1443 H ditetapkan jatuh pada Senin, 2 Mei 2022 dan 1 Zulhijah jatuh pada 30 Juni 2022. Selain Muhammadiyah yang sudah menetapkan, berikut perkiraan 1 Ramadhan 2022 dari BRIN.

Baca Juga: Kapan Jadwal Awal Puasa 1443 H? Simak Doa Niat dan Cara Untuk Membayar Utang Puasa