Find Us On Social Media :

Kasus Tuberkulosis Meningkat Selama Pandemi Ini Gejalanya yang Terkadang Disalahartikan Karena Mirip COVID

TBC sama bahayanya dengan Tuberkulosis

GridFame.id- Perlu Anda ketahui selama pandemi Covid-19 teridentifikasi pertama kali di tahun 2019, tercatat ada beberapa hambatan terkait pelayanan kesehatan termasuk diantaranya penanganan tuberkulosis.

Tercatat sejak tahun 2020 terjadi peningkatan kematian akibat infeksi tuberkulosis di dunia.

Penyebab salah satunya pada saat itu adalah keterbatasan pasien untuk mengunjungi pusat layanan kesehatan dikarenakan terganggu pembatasan sosial selama pamdemi Covid-19.

Orang-orang pada saat itu mungkin hingga kini sering menganggap sepele penyakit TBC dibanding Covid-19.

Padahal keduanya bisa dikategorikan sebagai penyakit yang sama bahayanya. Bahkan dari segi gejala mereka mempunya karekteristik yang hampir mirip.

Dokter Erlina Burhan SpP (K)  Spesialis Paru Rumah Sakit Persahabatan mengatakan TBC bisa mengakibatkan seseorang untuk meningkatkan kasus resistensi obat.

“Dalam masa pandemi, pasien TBC takut karena TBC memiliki gejala yang sama dengan Covid,” jelasnya dikutip GridFame.id dari KOMPAS saat acara Health Working Group Indonesia di Yogyakarta (30/3).

Sementara itu, Direktur di Center for Global Health Science and Security George town University, Rebecca Katz mengatakan hal yang senada.

“Entah mengapa, peyakit TB tampaknya tidak pernah menarik perhatian para pembuat kebijakan , meski beban yang dihasilkan dari penyakit ini sangat berat,” timpalnya.

Baca Juga: Mengatasi Efek Samping 6 Vaksin Booster Covid-19 Begini yang Harus Anda Lakukan

 

Untuk itu ada baiknya kita mewaspadai dan memahami perbedaan keduanya agar tidak salah tafsir.