Find Us On Social Media :

COVID ‘XE’ Sudah Sampai Negeri Tetangga Indonesia Ini Gejala Awal yang Harus Diwaspadai

Penyebaran Covid 'XE' sudah menyebar hingga negara tetangga Indonesia

GridFame.id- Varian baru Covid-19 Omicron ‘XE’ dilaporkan telah menyebar luas ke negara tetangga Indonesia, Thailand.

Penyebaran ini pertama kali terdeteksi oleh Pusat Genomik Medis, Rumah Sakit Ramathibodi.

Dikutip GridFame.id dari The Star (5/4), Wakil Ketua Komisi Kesehatan Masyarakat Chalermchai Boonyaleephan mengungkapkan, Thailand telah mencatat kasus pertama Omicron XE pada Sabtu (2/4/2022).

“Orang pertama yang ditemukan dengan Omicron XE telag pulih setelah mengalami gejala ringan,” ujarnya.

Saat ini Chalermchai mengatakan bahwa diperlukan pemantauan mengenai tingkat keparahan dan juga resistensi XE terhada vaksinasi.

Selain itu perlu diteliti kembali apakah  itu akan menggantikan Omicron BA.2 sebagai strain dominan.

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi bahwa XE 10 persen lebih mudah menular daripada BA.2. Sedangkan tingkat keparahan strain baru masih diselidiki.

“Jika virus ini menyebar lebih cepat dari BA.2, kasus Covid-19 Thailand pada gelombang keempat akan memakan waktu lebih lama untuk mencapai puncaknya,” jelasnya

Dirangkum dari NDTV oleh tim GridFame.id, seorang ahli Inggris dalam makalah yang terbit di British Medical Journal mengatakan bahwa varian ini bisa terjadi akibat percampuran dari beberapa varian Covid-19.

Varian ini terjadi dan dapat muncul saat seseorang pasien terinfesksi oleh beberapa varian Covid-19  hingga akhirnya mencampur dan membentuk mutasi baru,

Sementara itu pihak  WHO mengungkap bahwa mutasi baru ‘XE’ ini dikatakan akan lebih menular dengan presentase 10 persen dari subvariant Omicron BA.2.

“Mutan baru, yang disebut XE mungkin lebih menular daripada jenis Covid-19 apapun,” ujarnya WHO.