Find Us On Social Media :

Tolong Beri Tahu Keluarga Sekarang! Serangan Stroke Bisa Terjadi saat Tidur, Ini Gejala yang Perlu Diwaspadai

Stroke bisa terjadi saat puasa

GridFame.id - Tolong hati-hati karena serangan stroke bisa terjadi kapan saja di mana saja.

Stroke merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia.

Sebenarnya penyakit ini dapat dicegah melalui perubahan gaya hidup sehat.

Selain itu juga diperlukan perawatan medis untuk mengontrol kondisi kesehatan yang dapat meningkatkan risiko.

Dilansir dari Kompas.com yang mengutip CDC, stroke kadang disebut dengan serangan otak, yang terjadi ketika sesuatu menghalangi suplai darah ke bagian otak atau ketika pembuluh darah di otak pecah.

Stroke dapat menyebabkan kerusakan otak yang berkepanjangan, kecacatan jangka panjang, atau bahkan kematian.

Sehingga, stroke merupapkan kondisi medis serius yang memerlukan perawatan darurat.

Sayangnya belum banyak yang menyadari stroke bisa menyerang seseorang dalam kondisi tidur sekalipun.

Ini gejala yang perlu diwaspadai.

Baca Juga: Bukannya Sehat, Faktanya Sederet Makanan Ini Berbahaya Jika Dikonsumsi Saat Sarapan, Bisa Picu Penyakit Jantung Hingga Stroke!

Stroke bisa terjadi kapan saja, bahkan saat tidur. Stroke semacam itu disebut stroke 'bangun'. Bayangkan pergi tidur dengan perasaan baik-baik saja kemudian bangun dengan gejala stroke. “Saat stroke menyerang, seringkali tidak menimbulkan rasa sakit, sehingga jika terjadi saat seseorang sedang tidur biasanya tidak membangunkannya. "Orang tersebut baru menyadari ada yang tidak beres ketika mengalami gejala stroke saat bangun tidur, seperti kelemahan pada salah satu bagian tubuh.

Sisi tubuh saat mereka bangun dari tempat tidur, melihat satu sisi wajah mereka terkulai saat melihat ke cermin, atau kesulitan berbicara ketika mereka berbicara dengan seseorang," jelas Associate Professor Deidre Anne De Silva, Kepala dan Konsultan Senior, Departemen Neurologi Singapore Hospital. Jika ada anggota keluarga mengalami gejala-gejala ini kapan saja, segera hubungi dokter untuk ambulans darurat. Perawatan darurat yang cepat meningkatkan kemungkinan pemulihan yang baik, karena beberapa perawatan perlu diberikan dalam jangka waktu tertentu sejak gejala stroke pertama kali muncul. Ketika stroke terjadi saat tidur, tidak ada saksi yang memberi tahu staf medis kapan gejala mulai muncul, tetapi pemindaian otak dapat membantu dokter menentukan sudah berapa lama stroke terjadi dan terkadang pengobatan masih dapat diberikan untuk melarutkan atau menghilangkan bekuan darah yang menyebabkan stroke. Pasien dengan stroke bangun yang menerima perawatan tersebut memiliki kecacatan jangka panjang yang lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak dapat mendapatkan perawatan karena mereka tiba di rumah sakit terlambat. Itulah mengapa sangat penting untuk segera mencari perawatan darurat ketika gejala stroke pertama kali terlihat, jangan kembali ke tempat tidur untuk mencoba menghilangkan gejalanya!