Find Us On Social Media :

Diwajibkan di RI Berikut Penerima Vaksin Kanker Serviks yang Diprioritaskan dan Dapat Gratis

Ilustrasi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang memastikan akan mewajibkan vaksin HPV/kanker serviks bagi masyarakat Indonesia

GridFame.id- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin beberapa waktu lalu telah memastikan mengenai pemberian vaksin kanker serviks akan menjadi vaksin wajib untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Vaksinasi kanker serviks/HPV sendiri sebelumnya sudah dimulai sejak 2021 dan telah dilaksanakan di beberapa daerah.

Namun masuk di 2023 mendatang vaksin ini akan diberlakukan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Bahkan dirinya menyatakan bahwa vaksin kanker serviks akan menjadi salah satu vaksin wajib di Indonesia dan akan diberikan gratis untuk kelompok sasaran vaksinasi nasional.

“Semua program pemerintah tidak usah bayar jadi (vaksin ini gratis),” ujarnya dalam keterangan yang diberikan.

Lebih lanjut, pemberian vaksin kanker serviks sebagai tindak lanjut preventif yang dilakukan pemerintah dengan mengingat di dunia, kanker jadi permasalahan utama dengan biaya pengobatan yang cukup mahal dan susah penyembuhannya dibandingkan penyakit yang lain.

Demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dilakukan vaksinasi yang diharapakan dapat menekan pengobatan kanker dengan seseorang yang terinfeksi penyakit ini.

“Vaksin itu bukan mencegah, bukan mengobati orang sakit. Kan kita nanti akan lebih banyak (vaksin) bukan HPV saja kan dan beberapa vaksin lainnya,” ujarnya,

 Baca Juga: 7 Efek Samping yang Sering Dikeluhkan Seseorang yang Menerima Vaksin Booster

Meskipun begitu ada target sasaran tertentu yang diprioritaskan untuk menerima vaksin kanker serviks lebih dulu.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian kesehatan Siti Nadia Tarmizi menjelaskan mengenai mekanisme vaksin HPV/kanker serviks.

Ia menuturkan vaksin kanker serviks atau HPV rencananya akan diberikan untuk anak-anak perempuan kelas 5-6 Sekolah Dasar pada kegiatan Bulan Imuniasasi Anak Sekolah (BIAS).