Find Us On Social Media :

Asyik Kuota Angkutan Motor Gratis Masih Ada 7.013 Tiket! Simak Syarat Daftar, Jadwal Keberangkatan dan Rute Tujuannya

ilustrasi mengirimkan motor naik kereta api.

GridFame.id - Sudah siap-siap mudik?

H- satu minggu lebaran masyarakat mulai mempersiapkan diri untuk pulang ke kampung halaman.

Masyarakat menyambut hari raya Idul Fitri 1443 H dengan perasan gembira.

Pasalnya tahun ini pemerintah sudah kembali memberi izin untuk mudik.

Beberapa program mudik gratis pun disediakan guna membantu masyarakat pulang ke kampung halaman.

Program mudik gratis juga memiliki berbagai rute tujuan dengan syarat yang beraneka ragam.

Pemerintah juga sudah menyiapkan kuota khusus untuk program angkutan motor gratis (motis).

Masyarakat bisa menitipkan kendaraan di dalam gerbong yang sudah disediakan sesuai tiket yang dimiliki.

Masih ada lebih dari 7 ribu kuota, simak di sini syarat daftar, jadwal keberangkatan hingga rute tujuan program motis 2022.

Baca Juga: Beri Tahu Istri Sekarang Juga! Coba Lakukan 6 Cara Ini Untuk Cegah Mabuk di Perjalanan saat Mudik Lebaran 2022

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulkifri mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program kuota angkutan motor gratis (motis) yang masih tersedia pada masa mudik 2022.  Program motis adalah mengirim sepeda motor ke kampung halaman secara gratis menggunakan kereta api. Untuk syarat mengikuti program kirim motor gratis menggunakan kereta api ini, hanya perlu menunjukan telah memiliki tiket mudik. Peserta motis harus memiliki, baik itu tiket kereta api, bus ataupun travel. Zulfikri berharap, dengan memanfaatkan kuota motis yang masih tersedia, masyarakat dapat melakukan perjalanan mudik dengan aman dan nyaman. "Per tanggal 24 April 2022, masih ada sekitar 7.013 kuota motis yang tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik,” kata Zulkifri dalam keterangannya, Senin (25/4/2022).

Di sisi lain, program motis ini juga ditujukan agar pemudik selamat dari risiko kecelakaan roda dua. Lanjut Zulkifri, ketersediaan kuota motis ini didasari dari jumlah pendaftar program motis yang sudah tercatat. "Per tanggal 24 April 2022, pendaftar program motis tercatat sebanyak 2.267 orang," ucapnya. Adapun rincian kuota motis yang masih tersedia untuk keberangkatan awal dari Stasiun Jakarta Gudang sebesar 750 kuota untuk tanggal 26 April 2022.