Find Us On Social Media :

Ngeri Hepatitis Misterius Menjalar di RI Pasien Sempat Mengeluh Menderita Gejala Ini

Hepatitis Misterius sampai ke RI penderita mengeluhkan beberapa gejala sebelum meninggal dunia

 

GridFame.id- Setelah sebelumnya menyebar ke sebagian besar negara Eropa, kini penyakit hepatitis misterius merambah ke wilayah Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Kemenkes melaporkan kasus baru Hepatitis Misterius di Indonesia.

Dikonfirmasi tiga pasien anak harus dirawat di RSUPN Dr Ciptomangunkusumo akibat terpapar hepatitis akut hingga dinyatakan meninggal dunia

Adapun laporan kematian tersebut dilaporlkan dalam rentang dua pekan terakhir hingga 30 April 2022.

Dalam keterangan yang disampaikan , Kemenkes mengonfirmasi bahwa etiga pasien merupakan rujukan dari Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Sebelum dinyatakan meninggal dunia, ketiga pasien mengeluhkan beberapa gejala seperti:

Mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang hingga penurunan kesadaran.

“Selama masa invstigasi, kami menghimbau masyarakat untuk berhati-hai dan tetap tenang. Lakukan tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, memastikan makanan daam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, menghindari kontak dengan orang yang sakit dan melaksanakan protokol kesehatan,” jelas Jubir Kemenkes dr.Sii Nadia Tarmidzi.

Jika anak-anak memiliki gejala kuning, sakit perut, muntah-muntah dan diare mendadak, buang air kecil bewarna teh tua, buang air besar bewarna pucat, kejang, penurunan kesadaran agar segera memeriksakan anak ke fasilitas layanan kesehatan terdekat,” jelasnya.

Baca Juga: Hepatitis Misterius Sudah Menyebar di 12 Negara Ini Gejala yang Harus Diwaspadai

Lebih lanjut, Kemenkes belum bisa mengungkap mengenai penyebab dugaan Hepatitis misterius yang menyerang nyawa anak ini.

Meskipun begitu, Kemenkes menyebut telah  meningkatkan kewaspadaan dalam dua minggu terakhir usai Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kasus hepatitis misterius yang menyerang anak-anak yang beum diketahui penyebabnya ini ditetapkan.