Find Us On Social Media :

Masyarakat Semakin Khawatir Kemenkes Sebut Hepatitis Akut Bisa Menular ke Orang Dewasa, Ini Penjelasannya

Hepatitis akut menyerang orang dewasa ini penjelasan Kemenkes

GridFame.id-  Saat ini penyakit hepatitis akut tengah disorot dunia sebagai penyakit yang harus diwaspadai selain Covid-19.

Termasuk juga Indonesia di mana beberapa waktu lalau Kemenkes mengonfirmasi beberapa anak terserang penyakit hepatitis akut.

Bahkan beberapa diantaranya dinyatakan meninggal dunia, oleh karena itu hal ini yang kemudian menjadi kekhawatiran masyarakat terutama pada orang tua.

Meski banyak menyerang anak, tetapi tahukah Anda bahwa penyait hepatitis akut ini bisa menyebar dan menular ke orang dewasa?

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes dr.Siti Nadia Tarmizi mengonfirmasi hal tersebut.

Ia membeberkan kemungkinan bahwa penyakit hepatitis akut bisa saja bukan hanya menginfeksi anak-anak namun juga orang dewasa.

“Kemungkinan bisa,” ujarnya dikutip dari KOMPAS.com

“Penularan daripada hepatitis akut berat ini diperkirakan dengan dua cara yaitu melalui udara atau airborne karena ada kecurigaan dengan adanya virus yang kita sebut adenovirus,” tegasnya.

Kemudian,vius hepatitis sendiri ya sebagian besar menyebar dan menular melalui makanan atau fecal oral,” katanya melanjutkan.

 Baca Juga: Sampai Berapa Lama Masa Inkubasi Hepatitis Akut? Ini Urutan Fasenya

Sementara  Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Metabolik Endokrin dari RS Cipto Mangunkusumo, Dr.dr Erni Yuni, Sp.PD-KEMD mengungkapkan kasus hepatitis akut bisa menular ke orang dewasa.

“Bisa saja, seperti hepatitis A lewat oral, hepatitis B dan hepatitis C melalui kontak darah, jarum suntik yang tidak steril dan seks,” jelasnya dikutipd dalam sumber yang sama.