Find Us On Social Media :

Cek Tagihan Listrik Awas Membengkak! Tarif Naik Per 1 Juli, Bisakah Ajukan Turun Daya? Ternyata Begini Caranya Dibocorkan Orang Dalam

Cek tagihan listrik! tarif naik per 1 juli bisakan ajukan penurunan daya?

GridFame.id - Cek tagihan listrik! tarif dasar listrik (TDL) naik per 1 Juli 2022.

Pemerintah sudah resmi menaikan tarif listrik bagi pelanggan rumah tangga dengan daya di atas 3.500 VA dan golongan pemerintah mulai 1 Juli 2022.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasojo mengatakan, penyesuaian tarif dilakukan untuk mewujudkan tarif listrik yang berkeadilan.

Terhitung bulan depan, TDL pelanggan rumah tangga daya di atas 3.500 VA akan disesuaikan dari Rp 1.444,7 per kilowatthour (kWh) menjadi Rp 1.699,53 per kWh.

Keputusan penyesuaian tarif listrik ini sebagaimana tertuang dalam Surat Menteri ESDM Nomor T-162/TL.04/MEM.L/2022 tertanggal 2 Juni 2022.

Lantas, bisakah pelanggan rumah tangga dengan daya di atas 3.500 VA mengajukan penurunan daya?

Cara turun daya listrik Vice President Komunikasi Korporat PLN Gregorius Adi Trianto mengatakan, pelanggan yang ingin melakukan turun daya harus mengajukan permohonan terlebih dahulu.

Permohonan tersebut, harus diajukan ke kantor PLN terdekat dan tidak bisa melalui aplikasi PLN Mobile. Sebab, turun daya hanya bisa dilakukan oleh petugas PLN.

Ketahui juga cara cek tagihan listrik, simak berikut ini!

Baca Juga: Heran Lihat Rumah Mertua AC Nyala 24 Jam Tapi Tagihan Listriknya Bisa Murah, Ternyata Diam-diam Lakukan ini Pada Remote AC

Cara Cek Tagihan Listrik Tanpa Aplikasi

Cek tagihan listrik bulanan dapat dilakukan dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi dengan mudah. Beberapa cara cek tagihan listrik berikut ini bisa Anda coba di rumah, khususnya bagi pelanggan PLN pascabayar (postpaid) Tahapan cek tagihan listrik seringkali diperlukan untuk memperkirakan secara akurat berapa biaya yang perlu dikeluarkan selama sebulan.