Find Us On Social Media :

Rencanakan Vaksin Dosis Empat Kelompok Ini Akan Jadi Prioritas

Wacana vaksin dosis keempat, terdapat kelompok prioritas

GridFame.id – Sebelumnya muncul wacana bahwa masyarakat Indonesia akan diberikan vaksin Covid dosis keempat.

Hal ini juga sempat ditekankan oleh Wakil Menteri Dante Saksono Harbuwono menyebut tak tertutup kemungkinan vaksin dosis empat akan diberikan jika diperlukan.

“Kalau nanti diperlukan, bukan tidak mungkin kita akan melakukan vaksinasi booster keempat. Namun sekarang yang mesti kita kejar adalah equal vaccine,” ujarnya dalam siaran langsung Radio Kesehatan Kemenkes.

Mengingat banyaknya masyarakat Indonesia yang saat ini sebagian belum memenuhi kebutuhan vaksinnya, maka ia mengatakan untuk mengejarnya lebih dulu.

“Masih banyak masyarakat kita belum mendapat vaksin Covid dosis satu dan dua, itu yang harus kita kejar dulu untuk masyarakat yang belum mendapat vaksin primer,” imbuhnya.

Terpisah, Jubir vaksinasi Covid Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menegaskan tingkat perlindungan vaksin memang bisa dikatakan menurun setelah 6 bulan disuntikkan.

Untuk itu diperlukan pemberian booster untuk lansia yang diberikan tiga bulan setelah dosis kedua.

Selain itu mengenai wacana dosis emoat saat ini masih dikaju bersama oleh Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Adapun beberapa kelompok disebutakan jadi prioritas dalam pemberian vaksin dosis keempat, siapa mereka?

Baca Juga: Kasus Covid Semakin Menggila Ini 10 Provinsi yang Paling Diamuk

Dilansir dari vaksin kemkes.go.id per Sabtu 23 Juli 2022 pukul 12.00 WIB  total vaksinasi dosis tiga 54.148.579 (26 persen).

Karena itu pemerintah terus fokus mengejar target tersebut hingga merasa terpenuhi.