Find Us On Social Media :

Wanita Wajib Catat! Sering Dilakukan dan Diremehkan, Ternyata Kebiasaan Terpapar Asap Rokok Menjadi Penyebab Utama Terkena Kanker Serviks

Kanker serviks menjadi penyebab kematian pada wanita

GridFame.id - Kanker serviks adalah jenis penyakit berbahaya yang menyerang wanita.

Kanker serviks merupakan kanker yang terjadi pada sel-sel leher rahim atau bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina.

Diketahui kanker serviks menjadi salah satu penyakit yang paling banyak menyerang wanita Indonesia selain kanker payudara. 

Melansir dari Kompas.com, kanker serviks menjadi penyakit nomer 2 yang menjadi penyebab tingginya angka kematian di Indonesia.

Penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti pola hidup yang tidak sehat.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada masalah kesehatan ini, kenali beberapa kebiasaan penyebab kanker serviks yang sebaiknya dihindari para wanita.

Kebiasan Penyebab Kanker Serviks

Ada beberapa kebiasaan yang bisa jadi faktor penyebab kanker serviks pada wanita dan perlu dihindari, antara lain :

- Merokok dan sering terpapar asap rokok

Dilansir dari American Cancer Society, kebiasaan merokok atau sering terpapar asap rokok bisa meningkatkan risiko wanita terkena kanker serviks.

Perlu diketahui, zat kimia berbahaya yang terdapat dalam rokok bisa masuk ke tubuh lewat paru-paru lalu menyebar ke aliran darah.

Baca Juga: 'Kenapa Ninggalin' Zaskia Gotik Histeris, Tangis Sarwendah Pecah Orang Tercinta Sudah Tiada! Kenang Sosok Sahabat Ayu Ting Ting Berjuang Lawan Sakit Hingga Ajal, Waspadai Gejala Penyakitnya