Find Us On Social Media :

Asyik Harga Pertamax Turun di Akhir Pekan! Ini Daftar Harga BBM Non Subsidi Terbaru yang Berlaku di Seluruh Indonesia Mulai 1 Oktober 2022

BBM Pertamina, Pertamax turun harga

GridFame.id - Pemerintah telah mengumumkan kenaikkan harga BBM. Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite, Solar, dan Pertamax resmi naik, berlaku mulai hari Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB. Pengumuman harga BBM naik tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, dalam jumpa pers di Istana Merdeka hari ini. Harga BBM nonsubsidi terbaru beragam di sejumlah wilayah. Dikutip dari Kompas.com, wacana kenaikan harga BBM bersubsidi telah mencuat beberapa waktu terakhir.

Hal ini usai membengkaknya nilai subsidi energi hingga Rp 502 triliun. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, anggaran subsidi dan kompensasi energi akan kembali membengkak sebesar Rp 198 triliun jika tak ada kenaikan harga BBM Pertalite dan Solar. Menurutnya anggaran sunsidi dan kompensasi energi untuk 2022 telah dipatok sebesar Rp 502,4 triliun. Angka tersebut membengkak Rp 349,9 triliun dari anggaran semula sebesar Rp 152,1 triliun untuk menahan kenaikan harga energi masyarakat. Diperkirakan anggaran ini akan terus membengkak hingga akhir tahun dengan adanya kenaikan harga minyak mentah dan pelemahan kurs rupiah. 

Per bulan Oktober, ada beberapa perubahan harga BBM di 34 provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Jangan Lupa Bawa KTP! Ini 2 Cara Daftar BBM Subsidi Online, Bisa Lewat MyPertamina Begini Syaratnya

PT Pertamina (Persero) telah mengumumkan daftar harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi terbaru yang berlaku per hari ini, 1 Oktober 2022.

Penyesuaian dilakukan dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Perusahaan pelat merah ini telah merinci harga BBM non subsidi, yang meliputi Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex (Pertadex), dan Solar non-subsidi di seluruh wilayah Indonesia.

Rincian daftar harga Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex, dan Solar non-subsidi yang berlaku per 1 Oktober sebagai berikut:

Daftar harga BBM non-subsidi terbaru 2022

Dilansir informasi resmi PT Pertamina, berikut rincian harga BBM terbaru yang berlaku saat ini, untuk jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex, dan Solar non-subsidi di seluruh Indonesia:

1. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

2. Provinsi Sumatera Utara

3. Provinsi Sumatera Barat