Find Us On Social Media :

Bisa Cair 25-500 Juta, Ini Syarat Lengkap dan Ketentuan Pengajuan KUR BRI Tahun 2022

Program pinjaman Rp 50 juta tanpa jaminan dari KUR BRI

GridFame.id - Tertarik gabung Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI?

Banyak informasi seputar KUR BRI yang belum banyak diketahui.

Terutama bagi para pengusaha yang ingin mencari modal tambahan untuk berkembang. 

Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kredit Usaha Rakyat (KUR) juga merupakan program pembiayaan/kredit bersubsidi pemerintah dengan bunga rendah. 100% dananya milik Bank/Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) Penyalur KUR dan disalurkan dalam bentuk dana keperluan modal kerja serta investasi. Program ini akan disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan. Program KUR dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM. Pembiayaan/kredit tersebut disalurkan kepada pelaku UMKM individu/perseorangan, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau feasible namun belum bankable. Subsidi yang diberikan oleh pemerintah berupa subsidi bunga dan ada pola penjaminan sehingga agunan pokok KUR berupa usaha atau obyek yang dibiayai.

Jika tertarik KUR BRI, simak penjelasan lebih lengkap terkait syarat dan ketentuannya.

Baca Juga: Murah Meriah Untung Banyak! Mulai dari 10 Ribu Per Bulan, Ini Daftar Harga Premi Asuransi BRI Life Lengkap dengan Cara Bayarnya Secara Online Maupun Offline

Kredit Usaha Rakyat atau KUR adalah program kredit bersubsidi pemerintah dengan bunga yang rendah untuk UMKM atau usaha yang feasible tapi belum bankable. Salah satu bank yang memfasilitasi KUR adalah KUR BRI.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memberikan plafond KUR BRI sebesar Rp 25 juta sampai Rp 500 juta tergantung pada jenis KUR BRI.

BRI menawarkan bunga KUR sebesar 6 persen dengan jangka waktu pelunasan atau tenor 3-5 tahun tergantung kelompok KUR BRI.

Dikutip dari laman kur.ekon.go.id, sektor-sektor usaha yang dapat dibiayai oleh KUR adalah pertanian, perikanan, industri pengolahan, perdagangan, jasa-jasa, pembiayaan calon TKI di luar negeri, dan pembiayaan calon pekerja magang di luar negeri.

Lalu, apa saja syarat dan ketentuan pengajuan KUR BRI terbaru berdasarkan jenis kelompok KUR BRI?

KUR BRI 2022

Dalam KUR BRI terdapat 3 jenis peminjam yaitu KUR Mikro Bank BRI, KUR Kecil Bank BRI, dan KUR Tenaga Kerja Indonesia (TKI) BRI. Masing-masing kelompok KUR BRI memiliki syarat dan maksimum pinjamanan.