Find Us On Social Media :

Asyik! Kartu Prakerja Naik jadi 4,2 Juta Tahun 2023, Pemerintah Ungkap Penyebab Kenaikan Dana Pelatihan dari 1 Juta Hingga 3,55 Juta

Kartu Prakerja gelombang 46

GridFame.id - Kabar bahagia kembali datang dari pemerinyah soal kelanjutan program bantuan.

Pemerintah akan melanjutkan Program Kartu Prakerja pada 2023.Program ini akan lebih difokuskan pada bantuan peningkatan kemampuan dan produktivitas angkatan kerja.Pemerintah akan melanjutkan skema semi bantuan sosial hingga akhir kuartal IV-2022 dengan besaran bantuan pelatihan dan insentif sama dengan sebelumnya.Dilansir dari Kompas.com, pemerintah akan menambah anggaran sebesar Rp 5 triliun dengan target 1,5 juta orang.Bukan itu saja, pemerintah merencanakan kenaikan dana pelatihan bagipara penerima Kartu Prakerja.

Skema penyesuaian besaran bantuan yang diterima peserta senilai Rp 4,2 juta per individu.Dengan rincian berupa bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 3,5 juta, insentif pasca-pelatihan Rp 600.000 yang akan diberikan sebanyak 1 kali, serta insentif survei sebesar Rp 100.000 untuk dua kali pengisian survei.Program Kartu Prakerja tersebut akan diimplementasikan secara daring, luring, maupun bauran.Selain itu, penerima bantuan sosial (bansos) dari kementerian/lembaga lainnya seperti bantuan yang disalurkan Kementerian Sosial, Bantuan Subsidi Upah (BSU), atau Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) diperbolehkan menerima manfaat dari Kartu Prakerja.

Pemerintah juga mengungkap penyebab kenaikan dana pelatihan bagi para penerima Kartu Prakerja.

Baca Juga: Alhamdulillah Siap-Siap 3,5 Juta Bakal Cair Lagi! Simak Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 46

Program Kartu Prakerja akan terus berlanjut pada tahun 2023.

Program ini berfokus pada bantuan peningkatan skill dan produktivitas angkatan kerja, berupa bantuan biaya pelatihan secara langsung kepada peserta dan insentif pascapelatihan dengan ragam pelatihan skilling, reskilling, dan upskilling.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Cipta Kerja mengatakan, program Prakerja akan lebih fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja sebagaimana konsep awal program ini dicanangkan sebelum era pandemi Covid-19.

“Pemerintah akan menambah anggaran sebesar Rp5 triliun dengan target 1,5 juta orang,” ujar Airlangga dalam Rapat Komite Cipta Kerja, Senin (3/10/2022).

Dana pelatihan naik jadi Rp 3,5 juta

Pada tahun 2023, pemerintah akan menaikkan besaran bantuan yang diterima peserta senilai Rp 4,2 juta per individu. Rinciannya sebagai berikut:

Skema bantuan dan insentif ini berbeda dengan program Kartu Prakerja sebelumnya. Pada skema saat ini, peserta pelatihan Kartu Prakerja mendapat bantuan Rp 3,55 juta dengan rincian sebagai berikut: 

Lalu, apa alasan pemerintah menaikkan biaya pelatihan untuk program Prakerja 2023?